ACT Depok akan Kirim Relawan Bantu Korban Banjir Kalsel dan Gempa Sulbar

0
41

www.depoktren.com–Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Depok akan segera mengirimkan sejumlah relawannya ke lokasi bencana alam banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan korban gempa bumi di Majene Sulawesi Barat (Sulbar), menyusul para relawan ACT yang sebelumnya sudah hadir lebih dahulu dilokasi bencana.

Kepala Cabang ACT Kota Depok, Gunawan Mukti Aji mengatakan, pihaknya kini sedang melakukan persiapan dan penyeleksian terhadap para relawan yang tergabung di ACT Kota Depok.

“Untuk relawan yang kami terjunkan ke lokasi bencana memang kami seleksi terlebih dahulu. Mereka di seleksi agar saat di lokasi dapat lebih maksimal membantu, baik pikiran untuk membantu korban bencana alam di dua provinsi itu. Jangan sampai sesampainya disana malah merepotkan karena sakit, atau masalah psikologis lainnya” ujar Gunawan di Kantor Cabang ACT Kota Depok, Sabtu (23/1/2021).

Ia menambahkan, relawan ACT Kota Depok yang akan dikirim ke lokasi bencana alam diseleksi sesuai standar kebutuhan relawan yang dibutuhkan di lokasi. Diantaranya, seleksi dengan spesifikasi mulai keahlian dalam water rescue, vertical rescue, medis atau P3K serta kesiapan fisik dan mental dari relawan yang akan dikirim.

“Insya Allah sedikitnya kami kirimkan lima relawan yang akan bergabung dengan kapal kemanusiaan milik ACT Indonesia yang akan diberangkatkan ke Kalsel dan Sulbar,” terang Gunawan.

Selain mengirimkan anggota relawannya ke lokasi bencana alam, ACT Kota Depok juga sudah menyiapkan sejumlah bantuan langsung yang akan ikut bersama tim relawannya.

“InsyaAllah satu truck penuh yang berisi berupa kasur, puluhan bantal, pakaian baru, makanan, beras, obat-obatan, masker, kebutuhan anak-anak seperti susu, pampers,pembalut wanita, serta kebutuhan mandi, dan lain-lainnya,” ungkap Gunawan.

Lanjut Gunawan, kepada masyarakat di Kota Depok yang ingin memberikan donasi bantuannya melalui ACT Kota Depok untuk di salurkan kepada warga di dua provinsi yang menjadi korban bencana alam banjir dan gempa dipersilahkan. “Pintu kami selalu terbuka untuk warga Kota Depok yang ingin berdonasi. Apapun donasinya Insya Allah akan kami terima,” pungkasnya. (Aan Humaidi)

 40 total views

LEAVE A REPLY