MT. At-Taubah Depok Bangun Kemandirian Ekonomi Jamaah Saat Pandemi

0
37

www.depoktren.com–Keberadaan Majelis Taklim bukan saja sebagai sarana tempat pengajian dan pembelajaran ilmu agama Islam. Namun, dengan kondisi Pandemi Covid-19 masih mewabah masyarakat harus tetap dituntut untuk bisa bertahan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Seperti di MT. At-Taubah yang berupaya membentuk jiwa wirausaha para jamaahnya sebagai bagian dari pemberdayaan ekonomi. “Kita ingin jamaah MT. At-Taubah ini yang kebanyakan juga para Ustadz bisa memiliki penghasilan lainnya. Sebab, masa Pandemi ini semua terdampak,” ujar Ketua Umum MT. At-Taubah KH. Abdul Syarif saat ditemui di kantornya di Cilodong, Kota Depok, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, MT. Attaubah sebagai wadah perjuangan, pengembangan diri bagi para ustadz dan penggiat dakwah.
Dia berharap beradaan MT. At-Taubah bisa dirasakan semua masyarakat sebagai perekat dan kebangkitan ekonomi umat.

“Untuk pembinaan dan pengembangan diri melalui kajian kitab Asbah Wan Nadhoir dan Minhajul Muslim. Untuk pemberdayaan ekonomi dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan. Apalagi, jamaahnya mempunyai Majlis, Pondok Pesantren dan pengurus Masjid,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk pemberdayaan ekonomi berdasarkan momentum seperti: travel haji dan umroh serta jual beli sapi. Menurutnya, sapi atau kambing sangat prospektif pada masa Hari Raya Idul Adha. Apalagi, kebanyakan jamaahnya saat ini se-Jabodetabek dan Pengurus Masjid.

“Sektor kuliner seperti ayam geprek bisa menjadi pilihan. Kita siap mengkaryaka bagi jamaah yang serius menekuni. Untuk dana, insyaallah dari BMT. Dan kita juga ada niatan ingin memberangkatkan haji atau umroh bagi para ustadz yang belum pernah berangkat,” harapnya.

Dikatakannya, MT yang berdiri sejak 2008 sudah melakukan beragam kegiatan seperti bedah mushola dll. Bila kondisi sudah memungkinkan, tiap dua minggu sekali kajian kitab secara keliling dan tiap bulan tabligh Akbar. Selain itu, kegiatan wisata religi ziarah ke makam Walisongo, tafakur alam, dan umroh.

“Untuk saat ini dalam kepengurusan baru sedang dalam tahap penyusunan formatur dan pengurus. Dalam waktu tidak lama, nanti akan ada pelantikan,” tandasnya. (Aan Humaidi)

 36 total views

LEAVE A REPLY