DPAPMK Depok Rancang Program Peningkatan Ketahanan Keluarga

0
48

www.depoktren.com–Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok menggelar Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah (PD) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok 2022. Terdapat 10 program kerja yang dirancang untuk direalisasikan tahun depan dan yang utama yakni program peningkatan ketahanan keluarga.

“Program peningkatan ketahanan keluarga yakni kualitas keluarga menjadi fokus utama selain program pemenuhan hak anak, program perlindungan khusus anak, dan program pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan. Lalu, program perlindungan perempuan, serta program pengelolaan sistem data gender anak,” ujar Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Anissa Handari, Kamis (25/2/2021).

Menurut Nessi, seluruh program DPAPMK Kota Depok akan dilakukan melalui beberapa kegiatan pendukung, antara lain program penunjang urusan pemerintah daerah kabupaten atau kota, seperti pengadaan barang milik daerah, perencanaan, penganggaran, dan evaluasi kinerja perangkat daerah.

“Kami juga akan melakukan program pengendalian penduduk, pembinaan keluarga berencana. Juga pemberdayaan dan peningkatan keluarga sejahtera (KS),” jelasnya.

Anggota Komisi DPRD Kota Depok, Farida Rachmayanti memberikan apresiasi kepada DPAPMK Kota Depok dalam meningkatkan program ketahanan keluarga karena memiliki peran penting dalam membantu pembangunan bangsa dan negara.

“Ketika ingin melakukan perubahan secara cepat dan mendalam sangat tepat jika menempatkan keluarga sebagai komponen dalam pembangunan,” tuturnya.

Ia menamahkan, DPAPMK Kota Depok agar terus memberikan pendampingan kepada keluarga dalam mengatasi permasalahan yang ada di dalamnya. Selain juga memfasilitasi program penunjang, seperti sekolah pra nikah, sekolah ayah bunda, maupun program layak anak. Selanjutnya, teruskan kegiatan konseling dan edukasi keluarga bersama Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) serta berjaring dengan lembaga pemerhati ketahanan keluarga.

“Program maupun kegiatan sudah berjalan. Ke depannya dapat terus ditingkatkan sebagai penunjang pembangunan. Lalu, kami juga terus mendorong adanya perluasan konsultiasi online maupun offline agar keluarga dapat menjalankan perannya secara optimal. Tentunya sesuai dengan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19,” harap Farida. (Papi Ipul)

 48 total views

LEAVE A REPLY