Ilegal, Dapat SP Satpol PP Depok, Indomart Bongkar Sendiri Bangunannya

0
147

www.depkktren.com–Akhinya, pemilik Indomart bongkar sendiri bangunannya yang berdiri ilegal di Stasiun Depok Baru (Stadebar), Kamis (4/3/2021).

Pembongkaran ini dilakukan setelah pemilik bangunan menerima Surat Peringatan (SP)0
Ldari Satpol PP Kota Depok.

“Karena bangunan ini dianggap ilegal dan berdiri diatas lahan yang dikelola oleh Pemda Depok maka sesuai Perda Kota Depok No 16/2012 tentang pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum pasal 15 ayat 2 dan 4, dan atas permohonan penertiban bangunan diatas lahan pemerintah oleh Bagian Aset Pemda Daerah maka Satpol PP mengeluarkan surat Peringatan No 300/090/Trantib2021 pada tanggal 22 Februari 2021,” ujar Kepala Satpol PP Depok, Lienda Ratnanurdi.

Lanjut Lienda, setelah menerima SP, dengan kesadaran sendiri pemilik bangunan membongkar bangunannya dengan bantuan Korlap Stasiun Depok Baru.

“Alhamdulillah sesuai dengan SP1 yang kami keluarkan, pemilik bangunan mau membongkar sendiri. Terma kasih untuk yang sudah patuh dan kooperatif dalam penegakan aturan dan ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Menurut Lienda, pembongkaran dilakukan pada malam hari setelah koordinasi dengan Kepala UPT terminal dan Kepala Stasiun Depok Baru, meminta agar pembongkaran dilakukan pada saat Stasiun dan Terminal sepi dari penumpang. “Sehingga memang proses pembongkaran tidak mengganggu kenyamanan penumpang di stasiun maupun terminal,” terangnya.

Sebagaimana diketahui lahan stasiun KA Depok Baru, pada bagian Timur dan Barat adalah Barang Milik Negara dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai pengelola dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai pengguna. Oleh Kemenhub atas persetujuan Kemenkeu telah dipinjamkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk digunakan sebagai Terminal Sementara.

Pada bagian Barat stasiun sebagian lahan telah dikerja samakan dalam bentuk sewa oleh Kemenhub kepada PT Andyka sebagai lahan parkir sejak 2014 sampai saat ini.

“Dengan dibongkarnya bangunan Indomart di terminal sementara tersebut, maka pergerakan angkot diterminal tersebut akan lebih leluasa, dan dapat meningkatkan pelayanan penumpang KA ataupun angkot,” pungkas Lienda. (Mut/Papi Ipul)

 156 total views

LEAVE A REPLY