DMC: Jangan Ada Money Politic dan Intervensi Penguasa Dalam Pemilihan Ketua PWI Depok

0
91

www.depoktren.com–Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan menggelar pemilihan ketua dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) PWI Kota Depok pada 10 April 2021 mendatang. Isu beredar di kalangan wartawan, ada upaya intervensi dan money politic untuk ‘memaksa’ agar salah satu calon terpilih.

“Kasih contoh demokrasi yang baik dan benar dong. Jangan ada intervensi dan money politic. Itu tidak mendidik dan merusak independensi wartawan,” ujar Ketua Depok Media Center (DMC), Erna Multiningsih, Selasa (6/4/2021).

Menurut Erna, seharusnya para calon ketua tidak meminta dukungan ke penguasa, berdemokrasi dengan baik yang sesuai dengan aturan dan kode etik serta menjaga marwah pers yang berintegritas.

“Para calon ada baiknya melakukan pakta integritas, janji tidak akan melakukan politik uang dan tidak membawa organisasi PWI ke dalam pusaran kekuasaan. Jadi saya ajak teman-teman, jangan pilih calon seperti itu,” tegasnya.

Dalam Pakta Integritas ini juga disebut, bila calon ketua yang kemudian terpilih menjadi Ketua PWI Depok terbukti terlibat politik uang dan merupakan ‘boneka’ penguasa, wajib mengundurkan diri. Proses pengunduran sesuai dengan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) PWI.

“Pakta Integritas ini untuk menjaga moral PWI, sekaligus sebagai contoh kepada organisasi lain dan contoh bagi masyarakat,” terang Erna.

Ke depan PWI menghadapi tantangan yang luar biasa, baik dari aspek profesionalisme wartawan yang akan berhadapan dengan media sosial yang semakin liar dan maraknya media dan wartawan abal-abal yang merusak citra pers.

“Sapa pun pemimpin PWI nantinya akan menentukan kiprah PWI yang akan datang, menjadi PWI yang bermartabat, berintegritas, kreatif dan berkegiatan untuk kemajuan PWI serta anggota PWI,” tutur Erna.

Hingga saat ini ada beberapa bakal calon sudah bermunculan ke permukaan yakni Rahmad Tarmuji (Jurnal Depok), Wahyu Saputra (Harian Sederhana), Adi Rakasiwi (Debar) dan Fitrah Ratori (Depoknews). (Kawan Syam)

 95 total views

LEAVE A REPLY