DPRD Depok Setujui Raperda Pengelolaan, Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat

0
53

www depoktren.com–DPRD Kota Depok menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) Kota Depok tentang Pengelolaan, Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat dalam rapat paripurna DPRD Kota Depok pada Jumat (30/4). Raperda ini sudah dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kota Depok.

Wakil Ketua Pansus I DPRD, Endah Winarti mengatakan, pihaknya sudah melakukan serangkaian rapat kerja pembahasan Raperda serta dengar pendapat bersama dengan unsur terkait. Selain itu juga melakukan studi banding ke berbagai daerah.

“Sudah kami lakukan pembahasan dan melakukan studi banding ke wilayah lain untuk menyetujui Raperda ini,” ujar Endah dalam siaran pers yang diterima depoktren.com, Ahad (2/5/2021).

Menurut Endah, hasil pembahasan yang sudah dilakukan, Pansus I menyepakati Raperda Kota Depok tentang Pengelolaan dan Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat untuk dilanjutkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Selanjutnya, Raperda tersebut akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar).untuk dilakukan evaluasi setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kota Depok.

“Segera akan disampaikan ke Gubernur Jabar untuk dievaluasi kembali setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kota Depok,” terang Endah.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Raperda ini diusulkan sebagai upaya dalam mengoptimalkan penggunaan tanah. Sebab, pengadaan tanah untuk pemakaman dan pengabuan mayat termasuk langka. Untuk itu, perlu adanya penyesuaian pengelolaan dan retribusinya.

“Kami sudah membahas dan menyetujui Raperda ini. Diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengelolaan pemakaman dan pengabuan mayat setelah dilakukan pembahasan dan ditetapkan menjadi Perda,” ungkapnya. (Kawan Syam)

 53 total views

LEAVE A REPLY