BKD Depok akan Pasang Tapping Box, Pajak Restoran Ditetapkan Tujuh Persen

0
59

www.depoktren.com–Gairahkan perekonomian di saat pandemi Covid-19, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok akan menurunkan pajak pendapatan restoran dari biasanya 10 persen menjadi tujuh persen bagi konsumen restoran di Kota Depok. Nantinya sistem pajak setiap restoran akan dipasang alat transaksi elektronik (Tapping Box).

“Kebijakan ini kabarnya baru pertama kali di Indonesia dan diyakini bakal menguntungkan bagi pengusaha restoran, terutama di daerah perbatasan Kota Depok dengan Jabotabek,” ujar Kepala bidang pajak daerah satu Badan Keuangan Daerah (Kabid PD 1 BKD) Pemkot Depok, Endra di Balai Kota Depok, Selasa (4/5/2021).

Endra menegaskan, ini baru sosialisasi kepada masyarakat, nantinya Kota Depok akan diberlakukan pajak restoran sebesar tujuh persen. “Ini merupakan strategi untuk menarik pajak, sebab daerah lain hingga kini masih kenakan pajak daerah untuk restoran sebesar 10 persen. Nantinya Kota Depok untuk pajak restoran dikenakan hanya tujuh persen jika sudah terpasang tapping box,” tegasnya.

Menurut Endra, berdasarkan UU nomor 28/2009 tentang pajak daerah dan retribusi, secara nasional daerah bisa mengutip pajak restoran maksimal 10 persen termasuk di Kota Depok. Untuk memulihkan situasi perekonomian, Pemkot Depok akhirnya membuat kebijakan berupa penurunan pajak restoran biasanya dikenakan 10 persen terhadap konsumen restoran. Sehingga konsumen cukup membayar pajak restoran hanya 7 persen.

“Jika sudah terpasang Tapping Box di restoran, konsumen nantinya tidak lagi membayar pajak restoran sebesar 10 persen, tapi cukup bayar tujuh persen dengan sistem pajak daerah Kota Depok dan nama restoran-restoran yang sudah menerapkan pajak tujuh persen akan kita beri tanda berupa banner,” jelasnya.

Berdasarkan Perda nomor 08/2020 tentang perubahan ketiga atas dari perda nomor 07/2010 tentang pajak daerah Kota Depok. “Tujuannya untuk menggairahkan usaha para wajib pajak daerah agar kembali bangkit di tengah pandemi Covid-19,” tutur Endra.

Ia mengungkapkan, Perda ini sudah disosialisasi kepada sedikitnya 200 wajib pajak daerah di Kota Depok . “Alhamdulillah responnya positif. Pada 2021, Perda ini berlaku secara efektif, di mana pajak restoran hanya tujuh persen bagi restoran yang sudah terpasang alat kontrol secara online di restoran atau Tapping Box,” pungkas Endra. (Papi Ipul)

 59 total views

LEAVE A REPLY