Anggota DPRD Jabar Kunjungi PWI Depok, Harap Hubungan Harmonis Pers dengan Walikota Depok

0
148

www.depoktren.com–Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Hasbullah Rahmat berharap hubungan harmonis Wali Kota Depok, Mohammad Idris dengan PWI Kota Depok.

“Saya berharap pengurus PWI Kota Depok yang baru dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan Wali Kota Depok, Mohammad Idris,” ujar
Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Hasbullah Rahmat dalam acara diskusi ringan dan bukber dengan pengurus dan anggota PWI Kota Depok di Sekretariat PWI Depok, Jalan Melati, Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok, Ahad (9/5/2021).

Hasbullah menjelaskan, pemerintah dan pers harus senantiasa bermitra dengan baik. “Pemerintah dalam hal ini Wali Kota Depok dan pers khususnya PWI sama-sama saling membutuhkan yakni Informasi, untuk itu keduanya kudu harmonis demi kemajuan Kota Depok,” terangnya.

Menurut Hasbullah, pers termasuk anggota PWI Kota Depok membutuhkan informasi dan pemerintah sebagai penguasa yang punya informasi. Begitu pula pemerintah membutuhkan pers untuk menyampaikan informasi mengenai kebijakan dan pembangunan kepada rakyat atau masyarakat. Begitu pula pers membutuhkan informasi dari pemerintah untuk conten berita-berita untuk medianya.

“PWI merupakan organisasi tertua yang diakui pemerintah adalah lembaga vertikal yang memiliki tingkatan kepengurusan mulai dari daerah tingkat dua, satu hingga tingkat pusat,” terang Hasbullah.

Selain itu, lanjut Hasbullah, pers merupakan pilar keempat dalam sistem demokrasi, pers mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan. Pers sebagai lembaga kontrol sosial dan agent development.

“Posisinya didalam proses pembangunan tidak sebagai obyek, tapi lebih sebagai pelaku dalam proses dan kontrol sosial terhadap pembangunan. Pers jangan dijadikan penonton, apalagi kemitraan pers dengan pemerintah hanya sebatas press release berita, tapi pers sebagai pilar keempat dalam sistem demokrasi harus diberikan peran penting dan strategis,” pungkasnya.

Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah menambahkan, peran pers sangat penting sebagai penyeimbang penyampaian informasi. “Pers semestinya dilibatkan dalam setiap kegiatan eksekutif, legislatif dan yudikatif. Bila ada sosialisasi program dan kunjungan kerja dalam rangka studi banding, pers diikutsertakan, sehingga hasilnya dapat ditulis untuk dapat diketahui masyarakat,” pungkasnya. (Aris)

 150 total views

LEAVE A REPLY