Kelurahan Pangkalan Jati Baru Masuk Tiga Besar Lomba Kelurahan Kota Depok

0
106

www.depoktren.com–Kelurahan Pangkalan Jati Baru masuk tiga besar dalam nilai tertinggi pada Lomba Kelurahan Kota Depok 2021. Menindaklanjuti hal tersebut, Tim Penilai Lomba Kelurahan sudah melakukan verifikasi langsung guna memastikan kesesuaian antara situasi di lapangan dengan yang disampaikan pada saat ekspos.

Lurah Pangkalan Jati Baru, Sugianto, menuturkan, pada verifikasi tersebut, ia yakin kinerja, program dan inovasi kelurahannya sesuai antara ekspos dengan situasi di lapangan. Kelurahan Pangkalan Jati memiliki sejumlah program unggulan, salah satunya dalam pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kami lakukan pembinaan mulai dari pelatihan membuat produk hingga pemasaran. Lalu momen-momen tertentu saya juga ikut mempromosikan produk-produk UMKM Pangkalan Jati Baru agar mereka bertambah semangat dalam menjalankan usahanya,” ujar Sugianto, Senin (24/5/2021).

Ia menjelaskan, terdapat dua lokasi yang menjadi fokus Tim Penilai. Selain di kantor kelurahan, Tim Penilai juga melakukan verifikasi lapangan terkait pengolahan sampah ke Bank Sampah Rosela yang sudah berdiri selama delapan tahun.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Muchsin Mawardi mengatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi di tiga kelurahan yang masuk tiga besar dalam lomba. Antara lain Duren Seribu pada 19 Mei 2021, Pangkalan Jati Baru pada 20 Mei 2021 dan Tanah Baru pada 21 Mei 2021..”Dari 11 kelurahan telah terpilih tiga kelurahan, setelah mereka ekspos. Kemudian kami cek kelapangan inovasi yang dimiliki,” terangnya.

Menurut Muchsin, Tim Penilai melakukan verifikasi lapangan mulai dari kepemimpinan lurah, inovasi pelayanan publik, pemberdayaan hingga sinergitas dengan stakeholder. “Tidak hanya itu, penanganan Covid-19 di kelurahan tersebut juga menjadi penilaian,” ucapnya.

Lanjut Muchsin, pihaknya juga melihat data-data dan dokumen pendukung di wilayah. Kelurahan yang masuk tiga besar akan melakukan ekspos kembali pada tanggal 25 Mei 2021.

“Dari verifikasi yang kita lakukan kemarin semua berpeluang juara. Mereka merupakan tiga kelurahan terbaik yang memiliki dukungan luar biasa dari tiap stakeholder,” pungkasnya. (Kawan Syam)

 110 total views

LEAVE A REPLY