Dinas PUPR Depok akan Lakukan Pelebaran Trotoar Jalan Margonda, Anggran Rp 17,5 Miliar

0
113

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana akan melakukan penataan dan pelebaran pedestrian atau trotoar di sepanjang Jalan Margonda Raya. Total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp 17,5 miliar akan dibagi menjadi tiga segmen penataan dan pelebaran Jalan Margonda Raya. Selain pejalan kaki, nantinya pedestrian juga dapat digunakan bagi pengendara sepeda.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, penataan dan pelebaran Jalan Margonda Raya, akan disesuaikan dengan adanya pembangunan underpass Dewi Sartika. “Pembangunan akan dibagi ke dalam tiga segmen,” ujar Dadan di Kantor Dinas PUPR Kota Depok, Kamis (27/5/2021)

Menurut Dadan, dalam segmen pertama perencanaan penataan akan dimulai dari Tugu Jam sampai dengan pertigaan Jalan Raya Margonda Juanda (Ramanda). Segmen kedua, Jalan Ramanda sampai pertigaan Juanda dan segmen ketiga, dari Jalan Juanda sampai Jalan akses Universitas Indonesia (UI).

“Pada segmen pertama, total penganggaran yang disediakan adalah sebesar Rp 3 miliar. Segmen kedua, total penganggaran yang disediakan sebesar Rp 7 miliar dan pada segmen ketiga, total penganggarannya sebesar Rp 7,5 miliar,” jelasnya.

Lanjut Dadan, terkait segmen pertama, akan segera diadakan pelelangan. Namun, belum bisa dituntaskan tahun ini, karena dengan adanya pembangunan underpass, kami akan sesuaikan. “Lelang segmen pertama akan dilakukan pada akhir Mei 2021. Insya Allah pada awal Juli mudah-mudahan sudah bisa dimulai pengerjaannya,” ungkapnya.

Lanjut Dadan, pedestrian yang akan dibuat adalah terkait jalur sepeda yang nantinya akan berada sejajar dengan jalur pejalan kaki, atau di atas trotoar. Sehingga nantinya para pengendara sepeda tidak lagi bersinggungan dengan motor atau kendaraan lainnya. “Tentu sangat bahaya, jika sejajar dengan kendaraan lain. Maka dari itu, nanti trotoar akan kami lebarkan. Jika tidak digunakan untuk sepeda, bisa digunakan untuk pejalan kaki,” tuturnya.

Ia berharap, dengan konsep yang sudah jadi dan disetujui oleh pimpinan, maka pengerjaan penataan Jalan Margonda bisa segera dilaksanakan. “Jika konsepnya sudah disetujui, segera kami kerjakan,” terangnya.

Anggota Komisi C DPRD Kota Depok, Edy Masruroh mengatakan, sangat mendukung program pedestrian di Jalan Raya Margonda. “Saat ini kondisi pendestrian sangat buruk, jadi tentu kami berharap pendestrian yang manusiawi bagi pejalan kaki. Kami juga minta jangan lupa diperhatikan soal penghijauannya,” harapnya.

Edi mengutarakan, pihaknya meminta Pemkot Depok juga melakukan sosialisasi ke masyarakat. “Perlu diadakan sosialisasi, akan dibuat pedestrian bagi pejalan kaki dan jalur sepeda yang nantinya akan membuat Jalan Margonda indah dan teduh,” tegasnya. (Rus)

 110 total views

LEAVE A REPLY