Pemkot Depok Jalin Komunikasi dengan Kementerian PUPR Terkait Pengelolaan Situ

0
44

www.depoktren.com–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok sudah melakukan pertemuan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk berkomunikasi terkait pengelolaan situ di Kota Depok.

‘Kami siap mengikuti arahan pusat dalam mengelola aset negara berupa situ-situ yang ada di Kota Depok. Kami sudah bertemu Wakil Menteri (Wamen) PUPR membicarakan terkait pengelolaan situ-situ di Kota Depok. Kami akan ikut arahan Kementerian PUPR, tugas kami hanya memberdayakan masyarakat sekitar UMKM-nya,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Sabtu (5/6/2021).

Menurut Idris, selanjutnya, alternatif lainnya dalam pengelolaan situ, menggunakan pihak ketiga yakni dengan cara bagi hasil atau bisa juga pengelolaan situ diserahkan kepada daerah.

“Tentu jika pengelolaan situ diserahkan ke daerah, kami siap. Tapi dari segi anggaran memang kami belum mampu, dan tetap perlu bantuan pusat. Namun, kami akan terus upayakan merawat situ-situ yang ada di Kota Depok,” jelasnya.

Ia menambahkan, masyarakat yang berada di dalam komunitas situ harus berbesar hati, sebab, penanganan dan pengelolaan situ tidak bisa dilakukan langsung, ini merupakan kewenangan pemerintah pusat.

“Ya, pada prinsipnya harus siap. Saat ini aset negara dari pemerintah pusat yang sudah kami kelola yakni Taman Hutan Raya (Tahura). Tahun ini DED seluas tujuh hektar tanah negara diserahkan pengelolaannya ke Pemkot Depok. Bagaimana operasionalnya akan kami serahkan ke pihak ketiga,” pungkas Idris. (Papi Ipul)

 45 total views

LEAVE A REPLY