Pradi Kritisi Pansel Sekda, Biar Legitimate Harus Transparan

0
111

www.depoktren.com–Posisi Sekretaris Daerah (Sekda) amat strategis di birokrasi dan mempunyai tugas yang cukup berat. Peran Sekda di atur dalam
PP 84 Tahun 2000, pasal 7 ayat (2) & (3).

“Sebaiknya transparan, tahap demi tahap, point-pointnya, masyarakat bisa melihat, sehingga legitimasinya nggak diragukan,” ujar mantan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna saat mengkritisi kinerja Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Kota Depok, Selasa (15/6/2021).

Menurut Pradi, peran Sekda diatur dalam PP 84 Tahun 2000, pasal 7 ayat (2) & (3). Pada ayat 2, Sekda mempunyai tugas membantu wali kota dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi & tatalaksana serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat daerah kota.

Pada ayat 3, dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Sekda mempunyai fungsi pengkoordinasian perumusan kebijakan pemkot, penyelenggaraan administrasi pemerintah, pengelolaan SDM, keuangan, sarpras dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan wal Kota

“Saya dukung proses ini semoga target-target yg di rencanakan Pemkot Depok dapat terealisasi,” ucap Pradi.

Saat ini, delapan orang ikut dalam tahapan seleksi Sekda di antaranya Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Dudi Miraz, Sekretaris DPRD Depok Kania Parwanti, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manto Djorgi, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Nina Suzana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidik Mulyono, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Siti Chaerijah Aurijah, Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Supian Suri, dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Wijayanto.

Panitia Seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok akan mengumumkan peserta yang akan lolos untuk lanjut di seleksi selanjutnya.

Para peserta cenderung akan diloloskan sampai tingkat akhir, agar tidak bisa menebak-nebak siapa yang akan terpilih tiga nama akan diteruskan kepada pimpinan Kota Depok untuk dipilih. (Papi Ipul)

 115 total views

LEAVE A REPLY