RSUD Depok Ajukan Penambahan Kebutuhan Oksigen Bagi Pasien Covid-19

0
94

www.depoktren.com–Begitu banyaknya korban terkonfirmasi positif Cobid-19 yang perlu penanganan, pihak
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok melakukan sejumlah upaya guna memenuhi kebutuhan oksigen yakni dengan cara mencari dan mendatangi distributor besar hingga mengajukan permintaan ke posko oksigen Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Kami mendatangi distributor besar atau filling station yang ada di luar daerah seperti Serang, Narogong maupun Cikarang. Termasuk, mengajukan permintaan ke posko oksigen Provinsi Jawa Barat (Jabar),” ujar Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori di RSUD Kota Depok, Rabu (14/7/2021).

Menurut Devi, kebutuhan oksigen pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD mencapai ratusan tabung. Dalam satu hari pihaknya membutuhkan 12 tabung Vessel Gas Liquid (VGL) berukuran 150 liter dan 120 tabung berukuran enam meter kubik. “Untuk stok ketersediaan oksigen yang ada saat ini masih kejar-kejaran,” terangnya.

Lanjut Devi, kebutuhan oksigen bagi tiap pasien yang sedang dirawat bervariasi. Tergantung tingkat kadar saturasi yang dimiliki oleh pasien tersebut. “Oksigen diberikan kepada pasien yang sangat membutuhkan,” tuturnya.

Pandemi Covid-19 di Kota Depok masih terus tak terkendali. Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok melaporkan kasus harian pada Senin (12/7) terjadi penambahan korban meninggal cukup banyak yakni sebanyak 14 orang dan terkonfirmasi positif 942 kasus.

“Korban meninggal dunia bertambah 14 orang. Total korban meninggal dunia sudah mencapai 1.271 orang,” ujar Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana.

Untuk kasus harian terkonfirmasi positif Covid-19 terjadi penambahan sebanyak 942 kasus. Total sudah mencapai 71.012 kasus. “Peningkatan juga terjadi pada kasus konfirmasi aktif yakni sebanyak 13.362 kasus. Lalu, untuk kasus suspek aktif sebanyak 324 kasus serta kasus kontak erat aktif bertambah sebanyak 4.163 kasus,” ungkap Dadang.

Ia menambahkan, adapun, pasien yang sembuh setiap harinya juga terus bertambah, terjadi penambahan yakni sebanyak 367 orang sembuh. Total pasien sembuh menjadi 56.379 orang atau mencapai 79,39 persen.

“Pemkot Depok terus mengingatkan masyarakat untuk menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilisasi dan interaksi. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup,” pungkasnya. (Papi Ipul)

 95 total views

LEAVE A REPLY