Kerja Keras MKKS Tingkatkan Mutu Pendidikan di Kota Depok

0
87

www.depoktren.com–Musyawarah Kerja Kepala Sekolah disingkat MKKS merupakan forum perkumpulan kepala sekolah dalam satu gugus wilayah tingkat kabupaten/kota. Anggotanya terdiri dari kepala-kepala sekolah negeri dan swasta. Di dalam satu wilayah kabupaten/kota terdapat satu MKKS yang tidak terikat secara struktural pada lembaga pendidikan lainnya, tetapi pengawasannya dilakukan secara berjenjang melalui pengawas sekolah di tingkat kabupaten/kota.

Salah satu peran MKKS dalam mengembangkan kerjasama antar kepala sekolah saat ini untuk meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19. “Salah satu peran MKKS yang penuh tantangan di saat pandemi Covid-19 ini yakni meningkatkan mutu pendidikan di Kota Depok,” ujar Ketua MKKS Kota Depok, Drs. Rahmat Muhamad M.Pd, Kamis (15/7/2021).

Selain itu, MKKS juga harus kreatif dan mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan peningkatan kualitas kepala sekolah (Kepsek) dalam bentuk workshop, seminar, bimbingan teknis maupun pelatihan. “Selain tugas utama meningkatkan mutu pendidikan yang tentunya selaras dengan meningkatkan mutu para guru serta tenaga lab dan pustakawan, juga harus mampu melancarkan kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (ISBN) dan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK),” jelas Rahmat yang saat ini selaku Kepsek SMAN 12 Kota Depok ini.

Lanjut Rahmat, MKKS juga kadang digunakan sebagai ajang untuk menonjolkan citra dan prestasi pendidikan, sehingga posisi organisasi ini cukup diperhitungkan dalam pengambilan keputusan. “MKKS merupakan wadah kepala sekolah untuk saling berbagi dan berkoordinasi untuk tetap mengikuti perkembangan zaman dalam mengembangkan profesi keberlanjutan,” ungkapnya.

Terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), MKKS juga harus mampu menciptakan kondusivitas proses penerimaan yang berkualitas dan berkeadailan. “MKKS tentunya dapat menjaga proses PPDB berlangsung kondusif dan sesuai dengan petunjuk pelaksana (juklak), petunjuk teknis (juknis) yang sudah ditetapkan serta menggeluarkan kebijakan untuk optimalisasi berkualitas dan berkeadilan,” pungkas Rahmat. (Ruzka Azra Muhammad)

 90 total views

LEAVE A REPLY