UI Tawarkan 74 Program Studi Bagi 5.786 Peserta Ujian SIMAK

0
55

www.depoktren.com–Ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) jenjang S1 untuk lulusan D3 dan Program Pascasarjana Gelombang Kedua yang terdiri dari Magister (S2), Profesi, Spesialis, dan Doktor (S3), Tahun Akademik 2021/2022 telah dilaksanakan serentak pada Ahad (11/7/2021) lalu.

“Sebanyak 5.786 peserta yang mengikuti Ujian SIMAK UI dengan rincian 834 peserta pendaftar program S1 untuk lulusan D3, 4.104 peserta pendaftar program Magister, 80 peserta pendaftar program Profesi, 156 peserta pendaftar program Spesialis, dan 612 peserta pendaftar program Doktor (S3),” ujar Kepala Biro Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR, dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (17/7/2021).

Menurut Amelita, pada pendaftaran SIMAK UI tersebut, UI menawarkan 74 Program Studi (Prodi) dari 14 fakultas dan dua sekolah pascasarjana yaitu, Sekolah Ilmu Lingkungan dan Sekolah Kajian Stratejik dan Global, pada jenjang Magister (S2). Untuk jenjang Profesi, UI menawarkan tiga prodi, yaitu Prodi Arsitek, Insinyur, dan Akuntansi. Program Spesialis terdiri dari 13 prodi pada Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Ilmu Keperawatan, sedangkan program doktoral di 39 prodi dari 14 fakultas dan dua sekolah pascasarjana.

“Untuk Program S1 bagi lulusan D3 (Kelas S1 Paralel dan Kelas S1 Ekstensi), pilihannya terdapat pada 11 prodi yang ditawarkan dari lima fakultas, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Ilmu Keperawatan,” jelasnya.

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI, Dr. Gunawan, S.T., M.T menambahkan, pada penyelenggaraan SIMAK UI tahun ini, mereka yang dari D3 meneruskan ke jenjang S1, UI membuka prodi Ilmu Hukum kelas S1 Ekstensi. “Dibuka setelah sekian lama program ini tidak membuka kelas,” terangnya.

Lanjut Gunawan, kelas S1 Ekstensi Ilmu Hukum ini diperuntukkan bagi lulusan Diploma 3 (D3)/ Diploma 4 (D4) dengan pengalaman kerja atau lulusan sarjana yang telah memiliki ijazah dari bidang ilmu non-hukum dan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Masa studi Kelas Ekstensi dirancang untuk 10 semester dan dapat ditempuh selama minimal lima semester dan maksimal 16 semester. Perkuliahan akan dilaksanakan di Kampus FHUI Depok, setiap Senin-Jumat, pukul 17.00- 21.40 WIB. Keterangan lebih lanjut dapat diakses pada laman atau kanal media sosial resmi FHUI.

“Dalam setahun, UI membuka tiga periode pendaftaran (gelombang) untuk program pendidikan pascasarjana. Untuk SIMAK UI Pascasarjana gelombang pertama hasil seleksi telah diumumkan pada tanggal 23 April 2021 –kecuali untuk Spesialis dan Sub Spesialis FK yang akan diumumkan di gelombang ke dua. Selanjutnya, gelombang kedua pendaftaran telah dilaksanakan pada 7 Juni – 9 Juli 2021 dengan pengumuman hasil seleksi pada 12 Agustus 2021. Pendaftaran gelombang ketiga untuk semester genap rencananya akan dilakukan mulai dari 28 September hingga 06 November 2021. Program S1 bagi lulusan D3 pendaftarannya hanya dibuka satu kali dalam setahun, bersamaan dengan gelombang kedua untuk SIMAK UI jenjang pascasarjana,” paparnya. (Ruzka Azra Muhammad)

 56 total views

LEAVE A REPLY