Pradi Komentari Pelantikan Sekda Supian Suri

0
96

www.depoktren.com–Mantan Wakil Wali Kota Depok periode 2016-2021, Pradi Supriatna memberikan komentar terkait pengisian kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok yang baru saja dijabat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Supian Suri yang dilantik Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Gedung Balai Kota Depok, Kamis (22/7/2021).

Menurut Pradi, Supian Suri termasuk sosok yang memiliki segudang pengalaman di bidang pengelolaan administrasi dan pemerintahan. Dengan begitu, dari sisi latar belakang yang dimiliki, sosok Sekda Kota Depok baru ini memiliki kemampuan dalam hal manejerial yang tak perlu diragukan.

“Kalau dari segi kapasitas, karena beliau latar belakangnya dari STPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) jadi dari segi itu kita tidak perlu ragukan lagi. Artinya beliau memang sangat mumpuni di bidang itu,” jelas Pradi.

Namun, Pradi, tidak menampik bahwa tugas seorang Sekda bukan hal mudah. Ia mengatakan, tugas dan tanggung jawab seorang Sekda jauh lebih berat dan kompleks dibanding jabatan lainnya di internal pemerintahan daerah.

“Harus kita akui bahwa tugas selaku Sekda itu tidak mudah ya. Sebab, harus mampu memotori berbagai Oragnisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga mampu berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang outputnya sudah tentu prestasi atau peningkatan-peningkatan daripada kualitas pembangunan yang arahnya menyesuaikan dengan visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” tuturnya.

Lanjut Pradi, menjadi seorang Sekda itu bukan saja tentang kemampuan dalam hal mengelola persoalan administrasi. Melainkan, lebih dari itu, ia harus sanggup dalam membangun komunikasi dengan berbagai stakeholder yang ada.

Untuk itu, terlepas dari itu semua, tegas Pradi, hal penting yang perlu diperhatikan dari posisi Sekda Kota Depok ini adalah bagaimana mempersiapkan langkah-langkah positif dalam rangka mengurai kompleksitas persoalan yang ada di hadapan mata saat ini.

“Depok ini kan diibartkan Indonesia kecil. Beliau (Supian Suri) harus mampu menjalankan tugas sesuai visi dan misi pak Wali dan pak Wakil,” terangnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok itu menilai, tantangan tantangan ke depan yang bakal dihadapi Sekda baru ini terutama soal penanganan Covid-19. Di mana, kata dia, dari segi kebijakan anggaran terdapat kebijakan realokasi dan refocusing yang itu tentu tidak mudah bagi seorang Sekda untuk mengelolanya dengan cermat dan efisien.

“Tantangan lainnya tentu bagaimana mengambil langkah preventif dan kuratif terkait penanganan pandemi ini utamanya mengelola persiapan-persiapan program pasca pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap seluruh sendi kehidupan sosial terutama ekonomi,” ungkap Pradi.

Ia mengingatkan bahwa ekses negatif yang dialami sector ekonomi akibat pandemic Covid-19 menjadi PR besar yang harus bisa dimanej dengan baik oleh Sekda yang baru.

“Bagaimana membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk kembali memulihkan kondisi ekonomi yang telah carut-marut. Itu tantangan besar yang perlu dipikirkan oleh Sekda baru. Harapan dari saya semoga beliau mampu berdaptasi dengan jabatan baru yang diembannya, kemudian harus bersedia menerima saran dan pendapat, termasuk dari masyarakat,” harap Pradi. (Papi Ipul/Risjadin Muhammad)

 99 total views

LEAVE A REPLY