Polisi Tangkap 6 Orang Pemalsu Surat Swab Antigen

0
73

www.depoktren.com–Polisi Polrestro Depok menangkap 6 pelaku pemalsuan surat negatif swab antigen di kawasan Tapos, Kota Depok.

Kapolres Metro Depok KBP Imran Edwin Siregar mengatakan, para tersangka pemalsuan surat negatif antigen ini yakni AS, ME, AK, RR, NN, dan MA, seharga Rp170 per satuan.

“Terungkap berdasarkan laporan masyarakat yang masuk ke Kepolisian pada pekan lalu. Kemudian, Sat Reskrim langsung melakukan penyelidikan. Enam orang tersangka jaringan pemalsu surat hasil Swab Antigen. Mereka yang diamankan merupakan warga Tapos yang mengaku baru sepekan ini melancarkan aksinya,” jelas Imran Edwin Siregar, Selasa (27/7/2021).

Modusnya, para tersangka menawarkan kepada pembutuh surat negatif swab antigen. “Modusnya, pengguna ini membutuhkan surat swab antigen, tetapi harus dinyatakan negatif yang syarat dari perusahaannya. Sehingga dengan berbagai cara pembutuh ini memaksakan membuat surat ini kepada tersangka ini,” terang Imran.

Operandi jaringan pemalsu surat swab antigen ini mengambil kop surat hasil swab antigen dari salah satu klinik yang ada di kawasan Tapos.

“Dengan operandi ini, mereka dapat menjual surat palsu dengan harga Rp175 ribu per lembar. Surat ini palsu, karena kalau yang asli pakai barcode,” ungkap Imran.

Ada sebnayak 80 surat yang berhasil dibuat oleh jaringan ini. Rata-rata pengguna jasa mereka merupakan pekerja yang perusahaannya mewajibkan untuk menyertakan surat hasil swab antigen. “Para tersangka ini berbagi peran mereka, ada pembuat surat, menawarkan kepada mereka yang membutuhkan,” pungkas Imran. (Papi Ipul)

 71 total views

LEAVE A REPLY