Disporyata Depok Siapkan 26 Calon Paskibraka HUT ke 76 RI, Latihan Terapkan Prokes

0
120

www.depoktren.com–Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok menyiapkan 26 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2021 untuk upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI). Puluhan calon Paskibraka tersebut baik putra maupun putri berjumlah 13 orang, yang sudah lolos tahap seleksi pada Mei 2021 lalu.

Kepala Bidang Pembinaan Kepemudaan, Disporyata Kota Depok, Dodi Rustyadi mengatakan, seleksi dilakukan sesuai dengan pedoman surat Menteri Sekretaris Negara RI. Yaitu perihal Pedoman Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021. “Sudah kami lakukan seleksi dan terpilih 26 orang yang akan bertugas mengibarkan bendera sesuai arahan pemerintah pusat,” ujar Dodi di Balai Kota Depok, Senin (9/8/2021).

Menurut Dodi, proses seleksi dilakukan secara virtual. Lalu, peserta yang lolos seleksi administrasi selanjutnya mengikuti tes kesehatan, wawancara, fisik, dan pantukhir. Adapun untuk pelaksanaannya diadakan di Lapangan Mahakam.

“Kami bersama Purna Paskibraka mengadakan seleksi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes). Hasilnya terpilih 26 calon Paskibraka tahun 2021,” terangnya.

Sebanyak 26 calon Paskibraka sudah menjalani latihan dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) yang ketat. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Mereka latihan menggunakan masker dan face shield. Selain itu juga menjaga jarak diri di dalam pasukan. Jadi, latihan tetap dilakukan dengan mengutamakan prokes sebagai upaya pencegahan Covid-19,” tutur Dodi.

Ia menambahkan, setiap pekan seluruh pasukan melakukan rapid antigen dari Dinas Kesehatan(Dinkes) Depok, dan hasilnya non reaktif. Selanjutnya, mereka akan mengikuti vaksinasi sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. “Mereka akan menjalani vaksinasi sebelum bertugas saat upacara peringatan HUT ke-76 RI,” ucap Dodi.

Kepala Seksi Pengembangan Pemuda dan Kepemimpinan Disporyata Kota Depok, Budiman menambahkan, mulai tanggal 3-15 Agustus, seluruh calon Paskibraka mulai menjalani latihan setiap hari. Sebelumnya latihan sudah dilakukan sejak Juni kemarin, satu kali dalam seminggu.

“Untuk mematangkan persiapan menjelang HUT RI kami lakukan setiap hari. Namun tetap menerapkan prokes,” pungkasnya. (Risjadin Muhammad)

 123 total views

LEAVE A REPLY