Apresiasi atas Evakuasi WNI oleh Pemerintah di Afghanistan

0
97

www.depoktren.com–Menlu Retno LP Marsudi menyampaikan bahwa pemerintah telah berhasil mengevakuasi WNI di Afghanistan yang berjumlah 26 orang, disamping 5 warga negara Filipina dan 2 orang warga negara Afghanistan yang merupakan pasangan WNI yang dievakuasi.

Evakuasi ini merupakan upaya penyelamatan pemerintah Indonesia terhadap warganya yang perlu diapresiasi mengingat kompleksitas penyelamatan, disamping energi dan dana yang dibutuhkan.

Penyelamatan ini merupakan bentuk dari tanggung jawab negara terhadap warganya pada saat warganya berada di suatu negara yang sedang menghadapi suatu permasalahan, baik situasi politik yang tidak menentu ataupun adanya pandemi.

Pemerintah Indonesia melakukan evakuasi tidak berarti pemerintah tidak percaya dengan jaminan yang telah diberikan oleh Taliban yang saat ini menguasai berbagai wilayah di Afghanistan.

WNI yang saat ini berada di Afghanistan, seperti sebagian WNA di Afghanistan bahkan sebagian masyarakat Afghanistan, tentunya ingin dirinya selamat dalam situasi yang tidak menentu.

“Disinilah hadirnya negara untuk melakukan evakuasi. Bagi WNI yang terjebak dalam situasi yang tidak menentu di Afghanistan tentu mereka bangga menjadi WNI dengan kehadiran negara untuk melakukan evakuasi,” pungkas Retno. (Ruzka Azra Muhammad)

 98 total views

LEAVE A REPLY