Pemkot Depok Imbau Stakeholder Bersinergi Optimalkan Pengarusutamaan Gender

0
65

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengimbau kepada seluruh stakeholder untuk dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menyukseskan program Pengarusutamaan Gender (PUG). Dengan begitu, pelaksanaan program tersebut bisa optimal.

“Saya mengimbau kepada stakeholder untuk dapat bersinergi positif dengan Pemkot Depok agar program yang kita canangkan terkait PUG dapat berjalan dengan baik. Termasuk masyarakat agar lebih aktif apabila menemukan kasus-kasus yang terjadi di lingkungannya,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri saat membuka Webinar Harmoni Peran Gander dalam Keluarga, Perkuat Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi, Kamis (26/8/2021).

Menurut Supian, saat ini keberlanjutan iplementasi PUG dalam pembangunan ketahanan keluarga di Kota Depok terus dilakukan pengembangan dan pengintegrasian. Sementara optimalisasi pelaksanaan program ini, dimulai dari tingkat yang paling bawah yaitu keluarga.

“Sebuah keluarga yang berkualitas tentu dibangun dengan melibatkan seluruh anggota dalam keluarga tersebut, melalui pembagian tugas masing-masing anggota keluarga sesuai dengan perannya. Baik itu laki-laki, perempuan ataupun anggota keluarga lainnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebelumnya telah dilakukan survei dan pengukuran Indeks Ketahanan Keluarga (IKK) pada 2020. Dari hasil tersebut, tercatat IKK Kota Depok sebesar 77,64 atau masuk dalam kategori tinggi.

“Jadi dari sisi nilai kita sudah lumayan, Alhamdulillah masuk katagori tinggi. Dengan partisipasi dan kontribusi kita semua yang selama ini aktif di masyarakat, mudah-mudahan angka ini akan semakin tinggi dan impelmentasi ketahanan keluarga benar-benar bisa terwujud,” pungkas Supian. (Risjadin Muhammad)

 69 total views

LEAVE A REPLY