Pemkot Depok Luncurkan Program D’Vajar di RSUI, Siap Antar Jemput Peserta Vaksin

0
152

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meluncurkan program Depok Vaksinasi Jemput Warga (D’Vajar) di RSUI Depok, Jumat (27/8). Program D’Vajar merupakan salah satu program Pemkot Depok yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat datang ke lokasi vaksinasi dan memberikan kemudahan bagi warga yang kesulitan dalam mendaftar melalui aplikasi serta memfasilitasi warga yang tidak memiliki kendaaraan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, dalam program tersebut, Pemkot Depok menargetkan sebanyak 6.300 warga dapat dilakukan vaksinasi. Program ini sudah berlangsung sejak awal Agustus hingga November 2021.

“Program D’Vajar ini melibatkan 63 kelurahan dan 11 kecamatan di Kota Depok sehingga diharapkan seluruh warga Kota Depok semuanya sudah mendapatkan vaksin Covid-19 untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19,” terang Sri.

Pihaknya, lanjut Sri, juga mengucapkan terima kasih kepada RSUI, Yayasan Wings Peduli dan PT Blue Bird yang ikut menyiapkan kendaraan untuk jemput warga ikut vaksinasi.

“Program D’Vajar berlaku untuk warga negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun dan diprioritaskan untuk warga yang tidak dapat mengakses aplikasi. Warga yang telah terdaftar di kelurahan setempat akan dijemput dengan armada bus yang telah disiapkan oleh PT Blue Bird Tbk dan diantar ke RSUI untuk mendapatkan vaksin Covid-19,” paparnya.

Direktur Utama RSUI, dr Astuti Giantini sangat mengapresiasi adanya program D’Vajar yang tentu sangat membantu sekali dalam percepatan target vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Mengingat banyak warga yang belum divaksin kerena mungkin keterbatasan fasilitas ataupun kendaraan sehingga program D’Vajar memudahkan masyarakat untuk datang ke RSUI.

“Sebagai penyedia fasilitas kesehatan yang melakukan vaksinasi, kami sudah menyiapkan vaksinator dan tenaga kesehatan lainnya untuk mendukung program tersebut. Khusus untuk program D’Vajar kami menyiapkan pelaksanaan vaksinasi di Gedung Parkir Lt. 1 RSUI,” terangnya.

Dia menambahkan, terdapat sebuah kontainer khusus yang diberi nama vaccination center persembahan dari Yayasan Wings Peduli yang digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi bagi para peserta D’Vajar. “Jadi mereka tidak tercampur dengan peserta vaksin umum lainnya sehingga membuat mereka lebih nyaman,” tutur Astuti.

Lanjut Astuti, sejak 18 Agustus hingga 26 Agustus 2021, RSUI telah melakukan vaksinasi bagi peserta D’Vajar sebanyak lebih dari 500 peserta. Peserta berasal dari kelurahan Sukmajaya, Pancoran Mas, Depok Jaya, Sawangan, Bojong Sari, Cibinong, Bojong Sari, dan Pasir Gunung Selatan. “Program yang cukup bagus bagi percepatan vaksinasi,” ucapnya.

Sejak Januari hingga Agustus 2021, RSUI telah melakukan vaksinasi Covid-19 lebih dari 80 ribu dosis vaksin dengan target warga lanjut usia, tenaga pendidik, pelayanan publik, dan masyarakat umum. Sentra Vaksinasi RSUI dapat melayani hingga 1.000 peserta vaksin per hari baik melalui drive thru maupun di dalam poli vaksin RSUI (walk in).

“Beroperasi setiap hari kerja, Senin sampai Jumat (kecuali hari libur), dari jam 08.00 WIB hingga jam 14.00 WIB. Pendaftaran peserta vaksin dapat dilakukan secara online melalui website Toyota Indonesia atau kunjungi https://www.toyota.astra.co.id/sentravaksinasi,” pungkas Astuti. (Ruzka Azra Muhammad)

 152 total views

LEAVE A REPLY