Puskesmas Sweeping Pemberian Vitamin A ke Rumah Warga

0
128

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang melakukan pemberian vitamin A pada Bulan Vitamin A yang diadakan selama bulan Agustus. Berbagai upaya dilakukan agar target pelaksanaan pemberian vitamin A tercapai, salah satunya yakni dengan melakukan sweeping ke rumah warga.

Salah satu Puskesmas yakni Puskesmas Pengasinan telah melakukan sweeping pemberian vitamin A ke rumah warga. “Sweeping dilakukan agar mencapai target 95 persen pemberian vitamin A,” ujar Kepada Puskesmas Pengasinan, Ratih Oktriviana di Puskesmas Pengasinan, Kota Depok, Jumat (27/8/2021).

Menurut Ratih, jumlah sasaran vitamin A di bulan Agustus ini adalah 4.306 balita dari 35 posyandu di wilayah kerja Puskesmas Pengasinan. Yang mencakup wilayah Kelurahan Pengasinan dan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. “Hingga saat ini sudah 90 persen pembagian vitamin A melalui posyandu di wilayah kerja kami,” terangnya.

Lanjut Ratih, ada sejumlah teknik distribusi yang dilakukan oleh para kader posyandu. Umumnya, dengan membentuk pos penimbangan per RT dan sweeping ke rumah balita. “Jika ada balita yang tidak hadir ke posyandu pada saat jadwal pemberian vitamin A kami akan sweeping ke rumahnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk pendistribusian diserahkan kepada kader setempat disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Yang terpenting pelaksanaan distribusi dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes), menghindari terjadinya kerumunan.

“Di masa pandemi, pemantauan pertumbuhan tetap penting bagi balita. Maka diharapkan ibu balita dapat memantau kesehatan anaknya secara mandiri ataupun ke posyandu dengan memperhatikan prokes” pungkas Ratih. (Ruzka Azra Muhammad)

 128 total views

LEAVE A REPLY