Diskarpus Depok Ajak Orang Tua Kenalkan Literasi Sejak Dini

0
50

www.depoktren.com–Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengajak para orang tua untuk mengenalkan literasi sejak dini kepada anak. Sebab, menurutnya, untuk menyiapkan insan-insan literat harus di mulai dari keluarga.

“Menumbuhkan minat baca anak sangat erat dengan parenting atau pola asuh orang tua kepada anak. Orang tua berperan dalam membimbing dan menemani anak-anak dalam berliterasi,” ujar Siti di Gedung Perpustakaan Depok, Kamis (2/9/2021).

Menurut Siti, menumbuhkan minat baca harus dilakukan sedini mungkin dengan melakukan beberapa cara. Antara lain, membacakan buku sebelum tidur dan membiarkan anak memilih buku yang akan dibacakan. “Bisa juga dengan mengajak anak-anak ke perpustakaan dan toko buku. Lalu, ajak anak untuk membuat cerita bergambar,” terangnya.

Ia menambahkan, anak harus lebih banyak dikenalkan dengan buku-buku sesuai usia dibanding gadget. Selain itu, juga bisa dengan menonton video ensiklopedia dengan didampingi orang tua.

“Tips dan trik tersebut harus diusahakan dan diupayakan. Orang tua juga harus menyediakan waktu juga untuk anak, bisa dengan mendengarkan cerita bagaimana dengan hari ini dan lain sebagainya,” tuturnya.

Lanjut Siti, dalam menumbuhkan minat baca dan membentuk anak menjadi literat, orang tua harus kreatif menyesuaikan keinginan dan keperluan anak. Serta tidak boleh mudah menyerah.

“Kita harus konsisten, lakukan dengan cara kita sendiri. Dengan begitu, anak perlahan akan tumbuh minat membaca dan belajarnaya,” terangnya. (Ruzka Azra Muhammad)

 50 total views

LEAVE A REPLY