Wapres Tinjau Sentra Vaksinasi Kampus Salemba di RSKGM UI

0
78

www.depoktren.com–Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau Sentra Vaksinasi Universitas Indonesia (UI) di Kampus Salemba, Jakarta, Selasa, 7 September 2021. Sentra Vaksinasi ini berlokasi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSKGM) Fakultas Kedokteran Gigi UI (FKGUI), resmi dibuka dan beroperasi sejak 6 September hingga 17 September 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan pentingnya vaksinasi sebagai kunci keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 dengan membentuk kekebalan komunal (herd immunity).

Keberhasilan penanganan pandemi ini sangat oleh dipengaruhi oleh banyak faktor, kata K. H. Ma’ruf Amin. “Salah satunya adalah program vaksinasi yang berperan vital dan sangat penting,” katanya. Wapres mengingatkan bahwa pemberian vaksinasi tidak bermakna menggantikan implementasi protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Vaksinasi tersebut membantu mengurangi tingkat keparahan seseorang jika ia terkonfirmasi positif Covid-19. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, jumlah penduduk DKI Jakarta mencapai 11.2 juta jiwa. Kekebalan kelompok di wilayah tersebut dapat terbentuk apabila 8,3 juta jiwa penduduknya telah menerima vaksinasi Covid-19.

Layanan yang diberikan UI ini mendapat dukungan dari tenaga kesehatan Rumpun Ilmu Kesehatan UI, termasuk dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, dan juga melibatkan peran serta dari Ikatan Alumni UI (ILUNI). Selain itu, UI bekerja sama dengan para mitra, antara lain Salim Group, BNI Life, Paragon Corp., Shopee, Modena, dan Mustika Ratu.

Dalam kunjungan tersebut, Wapres RI didampingi oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, disambut oleh Rektor UI Prof Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi Nurtami, Ph.D., Sp.OF(K), Dekan FKG UI Prof. Dr. M.F. Lindawati S. Kusdhany, drg., Sp.Pros(K), Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB.., Direktur Kerja Sama Dr. Toto Pranoto, S.E,, M.M., serta Kepala Biro Humas dan KIP, Amelita Lusia M.Si.

Rektor UI menyampaikan rasa gembira atas kunjungan Ma’ruf Amin dan Dante Saksono ke Sentra Vaksinasi Kampus Salemba. “Hal ini menunjukkan dukungan dan apresiasi pemerintah terhadap upaya yang dilakukan UI melalui layanan di Sentra Vaksinasi, baik yang di Kampus Depok, maupun di Salemba,” katanya. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah lebih dulu meninjau Sentra Vaksinasi di RSUI Depok.

Dekan FKG UI mengatakan bahwa sejak awal 2021, Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah menetapkan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSKGM FKG UI) sebagai salah satu tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam mendukung program pemerintah. Target peserta Sentra Vaksinasi Kampus Salemba adalah 5.000 akseptor yang belum menerima vaksin Covid-19, berasal dari warga di sekitar kampus UI dan DKI Jakarta.

Pelayanan di Sentra Vaksinasi Kampus Salemba dilakukan selama hari kerja (Senin-Jumat) pada pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB. Jenis vaksin yang dipergunakan dalam kegiatan ini adalah Sinovac, Astrazeneca, dan Moderna. (Ruzka Azra Muhammad)

 84 total views

LEAVE A REPLY