Rumah Berkah Gelar Semaan Al-Quran serta Santunan Yatim dan Dhuafa

0
118

www.depoktren.com–Yayasan Rumah Berkah Nusantara Depok menggelar tiga acara sekaligus selama dua hari, pada Senin (6/9/2021) hingga Selasa (7/9/2021). Acara yang digelar meliputi Semaan Al-Qur’an 30 juz pada Senin (6/9/2021) sampai sore, kemudian dilanjutkan Doa Khatmil Qur’an pada Senin malam, dan ditutup dengan acara Santunan Yatim dan Dhuafa.

Ketua Panitia Santunan Yatim dan Semaan Al-Quran, Juslich Hanafi mengatakan, acara tersebut diselenggarakan dalam rangka berbagi dengan sesama sekaligus doa untuk keselamatan bangsa agar terbebas dari bala dan musibah. “Melalui kegiatan ini (Semaan Al-Qur’an dan Santunan Yatim/Dhuafa), kami berharap negeri kita senantiasa diberkahi Allah SWT,” ujar Juslich di Kota Depok, Selasa (7/9/2021).

Ia menambahkan, santunan yatim dan dhuafa dimaksudkan bagian dari berbagi dengan sesama. “Bersamaan dengan bulan Muharram, kami ingin pada yatim dan dhuafa tambah berbahagia dengan bantuan ini,” ungkap Juslich.

Pria kelahiran Surabaya ini menyatakan, dalam acara Semaan Al-Quran 39 juz dan Doa Khatmil Qur’an dibacakan oleh Ust. Mustain Muhammad S.Ei, Ust. Mudzakir Abdurrahman Lc, dan Ust Solahuddin, serta Ust. H. Syahruddin El Fikri selaku ketua umum Yayasan Rumah Berkah Nusantara.

Sementara itu, untuk santunan yatim dan dhuafa, Yayasan Rumah Berkah Nusantara Depok menyantuni sebanyak 35 yatim piatu dan 45 dhuafa. Para Yatim mendapatkan uang tunai dan dhuafa mendapatkan uang tunai serta sembako.

“Alhamdulillah, donasi yang diterima Yayasan Rumah Berkah Nusantara telah dilaksanakan dan disalurkan kepada mereka. Kami bersyukur dan berterima kasih acara Semaan Al-Qur’an dan Santunan Yatim/Dhuafa berjalan lancar,” jelas Juslich.

Donasi yang diterima, ungkapnya, berasal dari sejumlah donatur, baik perseorangan maupun lembaga seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). “Semoga donasi yang diinfakkan menjadi amal saleh dan senantiasa rezekinya diberkahi Allah SWT,” doanya.

Sementara itu, dalam tausiyahnya di hadapan jamaah, Ust. Syahruddin menekankan pentingnya berbagi dengan sesama, terlebih kepada anak yatim dan fakir miskin. “Dalam Al-Quran, khususnya Surat Al Maun ayat 1-3, Allah mengancam umat Islam yang pelit, sehingga disebut pendusta agama,” ujarnya.

Dan pendusta agama itu, kata dia, dalam Al-Qur’an disebutkan adalah mereka yang suka menghardik anak yatim dan enggan berbagi atau nggak mau memberi makan orang miskin.

“Maka dari itu, sisihkan sebagian rezeki yang Allah titipkan kepada kita untuk disalurkan kepada anak yatim dan dhuafa. Jika tidak mampu berbagi dengan materi, bantu dengan tenaga. Jika tidak mampu berbagi dengan tenaga, berbagilah dengan pikiran. Jika nggak mampu juga dengan pikiran, bantu dengan doa. Jika tidak mampu berbagi, jangan mencela. Bantu dengan doa,” papar Ust. Syahruddin.

Acara Santunan Yatim dan Dhuafa dihadiri juga oleh anggota dewan penasehat Yayasan Rumah Berkah Nusantara Depok, yakni Dr. Hj. Yuminah Rahmatullah MBA MA.SI, Sekretaris yayasan Siti Fadlilaturrif’ati, dan Ketua RW 15 Kav. Pelita Air Service Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, H. Riyo.

Sekretaris Yayasan Rumah Berkah Nusantara, Siti Fadlilaturrif’ati berharap, kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga makin banyak lagi yang mendapatkan bantuan. “Tak lupa pula, kami menyampaikan penghargaan kepada para donatur serta Badan Amil Zakat Nasional atas partisipasinya dalam kegiatan santunan ini,” tuturnya. (Syah/Ruzka)

 123 total views

LEAVE A REPLY