Kelonggaran PPKM, Ancol dan TMII Siap Uji Coba Buka Kembali

0
143

www.depoktren.com–Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dua dari 20 destinasi wisata di Jakarta yang direkomendasikan beroperasi kembali dalam uji coba pembukaan kawasan rekreasi.

Rekomendasi tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1072 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 6 September 2021.

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol pun menyambut baik kabar tersebut dan telah melakukan berbagai persiapan.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengatakan, pihaknya menjalin komunikasi serta koordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Kementerian Parekraf Republik Indonesia dan Dinas Parekraf Provinsi DKI Jakarta.

“Agar saat dibukanya kembali kawasan rekreasi Ancol sudah siap secara standarisasi CHSE dan berbasis aplikasi Peduli Lindungi ” ujar Teuku Sahir dalam keterangan yang diterima, Kamis (9/9/2021).

Nantinya pengunjung yang akan melakukan rekreasi ke Taman Impian Jaya Ancol wajib sudah divaksin dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

“Persiapan mulai dari peningkatan protokol kesehatan berbasis CHSE (cleanliness, health, safety, dan environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kementerian Parekraf) hingga penggunaan aplikasi peduli lindungi,” tutur Teuku Sahir.

Adapun pengunjung yang diperbolehkan masuk kawasan Ancol adalah yang berusia di atas 12 tahun dan wajib sudah divaksinasi minimal dosis pertama.

Pihak Manajemen Ancol juga akan mengerahkan petugas yang bertindak sebagai satgas yang berpatroli di kawasan Ancol.

“Kami memastikan bahwa seluruh unit rekreasi Taman Impian Jaya Ancol seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol dan Allianz Ecopark sudah dilengkapi dengan sertifikat CHSE, termasuk sejumlah restoran yang ada di dalamnya,” jelas Sahir.

Begitu pula dengan seluruh karyawan dan petugas di Taman Impian Jaya Ancol juga sudah 100 persen divaksinasi Covid-19.

“Kami berharap proses uji coba dibukanya kawasan rekreasi dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang sudah rindu liburan di Taman Impian Jaya Ancol. Untuk itu marilah kita disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan baik agar aktivitas liburan menjadi aman dan menyenangkan,” tuturnya lagi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan dua tempat wisata menggelar uji coba operasional di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Kepala Seksi Pengawasan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Iffan mengatakan, dua tempat wisata tersebut Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan kawasan wisata Ancol.

“TMII dan Ancol, hanya dua kawasan ini yang baru uji coba,” ujar dia saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (8/9/2021).

Uji coba terbatas juga tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1072 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Dalam lampiran disebutkan kegiatan wisata hanya dibuka untuk tempat tertentu yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Risjadin Muhammad/Mastete)

 152 total views

LEAVE A REPLY