Door to Door, 40 Anak di Depok Diberi Obat Cacing

0
68

www.depoktren.com–Sebanyak 40 anak di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok diberikan obat cacing. Pemberian obat cacing dilakukan secara door to door dan dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Mulai usia 12 bulan hingga 6 tahun.

Kader PKK RW3, Kelurahan Depok, Maisaroh mengatakan, obat cacing di berikan di Posyandu Gelatik B RW3 Kelurahan Depok serta dilakukan dengan sistem door to door. “Kami lakukan langsung di posyandu dan juga secara door to door,” ujar Maisaroh di Kota Depok, Jumat (10/9/2022).

Menurut Maisaroh, faktor keadaan ekonomi keluarga menjadi penyebab seorang anak cacingan. Kondisi keluarga demikian, biasanya tinggal di lingkungan yang rentan kotor.

“Penyebab utamanya perilaku hidup bersih dan sehat, jika anak jarang mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Lalu, menyentuh barang kotor, cacing bisa masuk ke tubuhnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, penyakit cacingan dapat dicegah dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta rutin mengonsumsi obat cacing enam bulan sekali.

“Masyarakat dianjurkan untuk minum obat cacing setahun dua kali atau dalam waktu enam bulan sekali. Ini juga berlaku untuk anak-anak dan dewasa,” harap Maisaroh. (Risjadin Muhammad)

 72 total views

LEAVE A REPLY