Anggota DPRD Depok Keberatan Rencana Pemberlakuan Ganjil Genap

0
329

www.depoktren.com–Anggota DPRD Kota Depok, Babai Suhaemi menegaskan keberatan adanya rencana akan memberlakukan ketentuan ganjil genap di ruas jalan tertentu bagi kendaraan roda dua dan roda empat.

“Sebagai warga Kota Depok dan juga bagian dari penyelenggara pemerintahan di daerah (anggota DPRD Kota Depok) , saya berpendapat bahwa kurang tepat jika di berlakukan ganjil genap dalam mengatasi kemacetan,” ujar Babai dalam pernyataan sikapnya yang disampaikan di group WA Depok Media Center (DMC), Senin (20/9/2021).

Menurut Babai, penerapan ganjil genap untuk atasi kemacetan lalulintas di Kota Depok belum ada kajian yang matang terhadap hal tersebut.

“Sebab hal tersebut perlu di kaji secara matang bukan hanya dari sisi transportasi saja , tetapi juga dari sisi sosial ekonomi. Belum pernah di bicarakan secara seksama dan membahas bersama dengan DPRD Kota Depok terhadap hal tersebut, termasuk sosialisasi dengan konponen masyarakat,” jelasnya.

Lanjut Babai, ruas jalan di Kota Depok tidak sebanyak dan sebaik di kota kota lain , yang telah memberlakukan ganjil genap , seperti Jakarta dan Kota Bogor. “Kemungkinan akan menimbulkan kemacetan baru di ruas jalan yang lain yang ada di Kota Depok,” terangnya.

Ia menambahkan, komponen pendukung pemberlakuan hal tersebut perlu persiapan yang matang. Seharusnya, berpikir bagaimana menciptakan keseimbangan antara laju pertumbuhan kendaraan dengan laju pertubuhan pembuatan dan pelebaran ruas jalan baru dan ruas jalan yang ada.

“Pemerintah lebih baik konsentrasi pada penataan ruas jalan yang ada, baik dari sisi keindahan dan dari sisi kenyamanannya. Trotoar dan PJU yang masih sangat kurang tertata juga harus menjadi perhatian serius, sehingga hal tersebut dapat mengurangi beban pengguna jalan,” tutur Babai. (Risjadin Muhammad)

 332 total views

LEAVE A REPLY