Satlantas Polrestro Depok akan Terapkan Ganjil Genap pada Awal Oktober 2021

0
53

www.depoktren.com–Situasi lalu lintas di Kota Depok setelah penetapan status Zona Kuning pandemi Covid-19 mulai berangsur normal dan kemacetan mulai tampak beberapa titik jalan utama. Kemacetan parah terlihat saat akhir pekan kemarin, Sabtu (18/9/2021) dan Ahad (19/9/2021).

Untuk mengatasi kemacetan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, pihak Satlantas Polrestro Depok berencana akan menerapkan ganjil genap bagi kendaraan bermotor di titik-titik jalan yang selama ini kerap menimbulkan kemacetan di Kota Depok.

“Pemberlakuan ganjil genap tak lain untuk membatasi mobilitas jumlah kendaraan. Untuk merealisasikannya, diperlukan sejumlah persiapan yang matang. Ya, Insya Allah pada Oktober 2021 akan coba dilaksanakan,” ujar Kepala Satlantas Polrestro Depok, AKBP Andi M Indra di Mapolrestro Depok, Senin (20/9/2021).

Menurut Andi, sebelum diterapkan, pihaknya perlu melakukan beberapa tahap seperti koordinasi, survei, sampai sosialisasi. “Tentunya, kami juga akan bersinergi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok dan berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk akhirnya dibuat keputusan,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihkanya bersama Dishub Kota Depok sudah meninjau sejumlah titik jalan yang akan diterapkan ganjil genap. “Kami sudah lakukan survei titik-titik jalan yang akan digelar uji coba ganjil genap yakni dari Jalan Raya Kartini hingga Jalan Komjen Pol M Jasin,” terang Andi.

Lanjut Andi, pihaknya juga membahas beberapa poin, seperti jumlah personel yang bersiaga, rambu-rambu lalu lintas, titik putar arah bagi kendaraan tak bisa melintas, dan lain-lain.

“Semua stakeholder harus paham mana titik-titik yang akan dilakukan ganjil genap. Jumlah personel berapa, rambu apa yang dipasang, jalan alternatif putar balik kendaraan, serta apa-apa saja yang harus dilakukan. Selain itu, perlu dilakukan sosialisasi ke masyarakat melalui RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan,” tuturnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran telah mempersilakan kepada Polrestro jajaran di daerah penyangga Jakarta untuk menerapkan sistem ganjil genap dan Car Free Night (CFN).

“Pada operasi patuh yang sudah dijalankan pada Senin 20 September, untuk masing-masing Polrestro saya persilakan mengatur dan melaksanakan di mana diperlukan adanya ganjil genap dan CFN,” kata Fadil di Mapolrestro Depok, Senin (20/9).

Untuk penerapan ganjil genap, pihak Polrestro harus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat. “Misal kalau di Kota Depok mau bikin ganjil genap ya silahkan, berkoordinasi dengan Dishub Kota Depok dan instansi terkait di Kota Depok,” tutur Fadil. (Papi Ipul)

 57 total views

LEAVE A REPLY