Jaksa dan TNI di Depok Sinergi dalam Kegiatan Pembangunan Non Fisik

0
66

www.depoktren.com–Aparat Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok bersinergi dengan TNI dari Kodim 05/08 Depok menggelar sosialisasi hukum dalam kegiatan non fisik TNI Manunggal Membangun Desa ke 112 Tahun 2021, di aula Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Kamis (7/10/2022).

Jaksa dari Seksi Intelijen Alfa Dera, S.H., M.H. dan Faisal Anwar, S.H. menjadi pemateri dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 20 peserta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Andi Rio Rahmat Rahmatu, S.H selaku Kepala Seksi Intelijen mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Depok menuturkan dalam kegiatan tersebut Alfa Dera bersama dengan Faisal Anwar memberikan materi hukum dengan tema “Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Perlindungan Anak”
Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan acara tanya jawab dengan warga yang menjadi peserta terkait dengan permasalahan hukum yang dialami atau diketahui warga.

“Alfa Dera selaku Jaksa dari Seksi Intelijen memaparkan juga kewenangan Jaksa yang selama ini dianggap identik selaku penuntut umum namun perlu diketahui bahwa Jaksa juga memiliki kewenangan lain antaranya peningkatan pemahaman hukum masyarakat yang sejalan dengan kegiatan Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa ke 112 Tahun 2021 yang dilaksanakan pihak TNI, yang mana output dari kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memahami apa itu Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga serta terkait dengan Perlindungan Anak sehingga dengan meningkatnya Pemahaman hukum masyarakat maka upaya pencegahan atau preventif dapat optimal,” jelas Rio.

“Untuk struktur Kejaksaan sendiri saat ini telah ada struktur baru yakni Jaksa Agung Muda Pidana Militer untuk di Kejaksaan Agung dan Asisten Pidana Militer yang ada di beberapa Kejaksaan Tinggi se Indonesia, sebagaimana Arahan pimpinan kami jaksa diminta untuk bersama bersama bersinergi dengan seluruh instansi dan stakeholder dalam membangun negeri serta melakukan upaya pemulihan ekonomi dimasa pandemi ini, dengan peningkatan pemahaman hukum masyarakat sehingga terhindar dari masalah hukum. Maka hal ini juga diharapkan dapat menjadi pendukung dalam pemulihan ekonomi nasional,” papar Rio. (Risjadin Muhammad)

 70 total views

LEAVE A REPLY