Disdik Depok Tingkatkan Kompetensi dan Penguatan Lembaga Kursus dan Pelatihan

0
78

www.depoktren.com–Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Penguatan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dalam rangka Pengembangan Karier Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal pada satuan LKP. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 60 peserta.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD DIKMAS), Disdik Kota Depok, Yulia Oktavia mengatakan, kegiatan ini juga untuk menyamakan data terkait jumlah LKP yang ada di Kota Depok. Sebab, sampai dengan saat ini banyak LKP yang belum terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Kalau saya melihat ada lebih dari 200 LKP yang ada di Depok, tapi kan ternyata di Dapodiknya yang terdaftar baru 108,” ujar Yulia di Balai Kota Depok, Selasa (19/10/2021).

Menurut Yulia, saat ini terdapat beberapa LKP yang baru mengajukan perizinan, padahal masa berlakukanya sudah habis. Selain itu, ada pula LKP yang berpindah lokasi, namun tidak disampaikan ke Disdik Kota Depok.

“Hal ini juga menjadi bahan evaluasi untuk Disdik dan DPMPTSP kerena perizinan ada di DPMPTSP, kita yang merekomendasikan,” jelasnya.

Lanjut dia, saat ini Disdik Kota Depok juga memiliki kegiatan life skill untuk masyarakat yang memang betul-betul membutuhkan pelatihan keterampilan. Setidaknya ada 15 pelatihan keterampilan yang diberikan. Mulai dari kursus kecantikan, menjahit, hingga service AC.

“Kemarin saya menghubungi DPAPMK supaya warga yang di lokasi P2WKSS itu bisa kita rangkul juga untuk life skill ini. Kita terbuka untuk orang-orang yang memiliki minat bakat di life skill tersebut,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya Bimtek ini, dapat menciptakan kolaborasi dan sinergisitas antara Pemkot Depok dengan LKP. Hal ini demi membantu pemberdayaan masyarakat serta mencerdaskan anak-anak di Kota Depok. “Juga untuk membantu menggali potensi warga Depok yang selama ini belum tersentuh,” harap Yulia. (Risjadin Muhammad)

 84 total views

LEAVE A REPLY