Toyota dan Daihatsu Luncurkan Avanza dan Xenia Model Baru, Cek Harganya

0
418


www.depoktren.com–Toyota di Indonesia (Grup Astra) telah meluncurkan Avanza model baru pada 10 November 2021. Adapun Daihatsu juga telah merilis Daihatsu Xenia model terbaru.

Baik Toyota maupun Daihatsu, keduanya memang selalu merilis mobil baru dalam waktu bersamaan, bahkan sejak pertama kali muncul di Indonesia pada 2004 silam. Keduanya lahir dari pabrikan yang sama yakni Astra Daihatsu Motor (ADM), anak usaha Grup Astra.

Mobil Daihatsu Xenia terbaru ini akan lahir dengan tampilan anyar. Sama seperti Avanza, generasi baru Xenia tersedia opsi transmisi manual dan CVT. Bahkan tercantum teknologi keselamatan terbaru ASA (Advanced Safety Assist), fitur ini terpasang pada harga tertinggi.

Kelahiran Xenia baru juga terkuak berdasarkan dokumen yang diperoleh dari lampiran pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 tentang perubahan NJKB. Xenia punya nilai NJKB Rp 144 juta-Rp170 juta, dan NJKB di kode baru Rp135 juta-Rp 172 juta.

Sedangkan NJKB kode Avanza tertulis Rp 157 juta-Rp 227 juta, ini naik dari model sekarang beredar Rp 151 juta – Rp 188 juta.

Daihatsu Xenia terbaru ini banyak mengalami perubahan, sehingga ada kenaikan harga. Pihak dealer menyebut ada kenaikan harga belasan juta.

“Estimasi kenaikan Rp 16 juta Xenia baru, itu dari masing-masing tipe,” kata seorang pramuniaga Daihatsu.

Artinya masing-masing mobil akan mengalami kenaikan cukup signifikan, khususnya jika tidak ada perpanjangan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di tahun depan.

Sebagai contoh, Xenia 1.5 R Deluxe AT yang harga normalnya Rp 240,65 juta atau sebelum PPnBM, nantinya bisa menembus estimasi Rp 255,65 juta. Begitupun dengan jenis mobil lain seperti Xenia 1.3 R Deluxe MT dari 219,95 juta menjadi Rp 231 jutaan.

Apalagi, di awal peluncuran biasanya pabrikan mobil masih selektif dalam memberikan diskon mobil.”Biasanya masih kecil diskonnya, kalau kredit angsurannya pun masih tinggi,” terangnya. (Ruzka Azra Muhammad)

 421 total views

LEAVE A REPLY