Disdagin Depok Fasilitasi 182 IKM

0
90

www.depoktren.com–Dinas Perdagangan dan Perinduatrian (Disdagin) Kota Depok sejak 2016 hingga 2021 telah memfasilitasi pembuatan setifikat halal bagi 182 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

“Adanya sertifikasi halal dapat memberikan kepastian hukum kepada konsumen muslim, bahwa produk yang dijual halal untuk dikonsumsi, sesuai syariat Islam,” ujar Kabid Perindustrian, Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz di Balai Kota Depok, Senin (22/11/2021).

Lanjut Martinho, label halal menjadi poin utama untuk menarik minat konsumen mengkonsumsi produk makanan dan minuman yang diproduksi. Selama enam tahun. “Kami sudah memfasilitasi 182 produk,” ucapnya.

Menurut Martinho, untuk mendapatkan sertifikat halal, para pelaku usaha harus memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Pelatihan Keamanan Pangan (PKP), dan ber-KTP Depok.

“Jadi, fasilitasi ini dikhususkan hanya untuk pelaku usaha yang berasal dari Kota Depok. Sebetulnya mereka bisa mengurus sendiri dengan membayar secara mandiri, tetapi bagi yang ingin dibantu, bisa langsung kepada kami,” tuturnya.

Ia menambahkan, fasilitasi sertifikat halal tidak hanya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok . Tetapi juga dari bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). “Tahun 2016, sudah ada 76 IKM. Lalu 2017 itu ada 30 IKM, 2018 sebanyak 51 IKM, 2019 yaitu ada 25 IKM, 2020 kami tidak memfasilitasi karena refocusinh anggaran, dan 2021 sebanyak 40 IKM, kemungkinan masih bisa bertambah hingga Desember,” ungkap Martinho. (Papi Ipul)

 102 total views

LEAVE A REPLY