Home Gardening, Solusi Pangan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

0
52


www.depoktren.com–Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018, 93.6 persen penduduk Indonesia kurang makan sayur dan buah. Saat ini, ketika masyarakat berada di tengah situasi pandemi Covid-19, berkebun adalah salah satu aktivitas yang digandrungi oleh masyarakat dalam mengisi waktu selama di rumah.

Momentum ini dimanfaatkan oleh Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) untuk mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Sukatani, Kota Depok.

“Mereka berbagi ilmu dan pengalaman dengan masyarakat setempat guna memanfaatkan pekarangan rumah untuk berkebun sayur (home gardening),” ujar Pengabdi Utama Pengmas FKMU, Dr. Ir. Asih Setiarini, MSc, saat sosialisasi home gardening di Kantor Kelurahan Sukatani, Kota Depok, Jumat (31/12/2021).

Menurut Asih, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan warga, khususnya ibu rumah tangga, sebagai pengambil keputusan dalam pemenuhan pangan keluarga. Kami berharap, di setiap keluarga dapat mempraktikkan pola makan bergizi seimbang, termasuk meningkatkan konsumsi sayur. “Banyak sekali manfaat kesehatan dari konsumsi sayur dan buah karena kaya kandungan vitamin, mineral, dan serat,” jelasnya.

Kegiatan home gardening ini berlangsung dari November hingga Desember 2021, melibatkan pegiat berkebun yang tergabung dalam Komunitas Saung Depok, di bawah koordinator Ir. Adi Wirawan. Tim Pengmas FKM UI juga membekali warga dengan dua buah modul, yaitu Modul Bikin Kebun Sayur di Rumah, Yuk! dan Modul Mengapa Konsumsi Sayur Penting. Selain itu, menyertakan video praktik berkebun dan membuat media tanam, video konsumsi sayur, video kandungan gizi pada sayur, dan video Isi Piringku, serta material untuk berkebun.

“Selain menambah tanaman hias di rumah, mari kita manfaatkan pekarangan dengan menanam beragam sayuran yang hasilnya dapat dimanfaatkan langsung untuk konsumsi keluarga. Kegiatan home gardening ini didampingi oleh ahli di bidangnya dengan harapan para ibu maupun warga yang terlibat dapat berkonsultasi langsung selama proses pendampingan, baik terkait praktik berkebun maupun mengenai konsumsi bergizi seimbang,” terang Asih.

Lurah Sukatani Kota Depok, Cahyanto, mengapresiasi kegiatan program pengabdian masyarakat di wilayahnya. “Terima kasih kepada FKM UI yang sudah melakukan pendampingan kegiatan pemanfaatan pekarangan di RW 16 Kelurahan Sukatani. Warga RW 16 saat ini memang sedang giat-giatnya berkebun,” ucapnya.

Ia juga berharap kegiatan ini terus berlanjut, sehingga warga RW 16 dapat memenuhi kebutuhan sayuran dari hasil tanam mereka sendiri. Nantinya, ia berharap kegiatan ini dapat direplikasi di wilayah lain.

“Saya berkunjung ke RW 16, dan alhamdulillah sudah terlihat hasilnya, meskipun belum bisa dipanen. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Asih, Ibu Dara, dan Tim selaku pendamping dari kegiatan ini,” tutur Cahyanto ketika meninjau pameran Kawasan Rumah Pangan Lestari yang didukung oleh Tim Pengabdian Masyarakat FKM UI. (Ruzka Azra Muhammad)

 55 total views

LEAVE A REPLY