Puskesmas Limo Sudah Bisa Sebagai Puskesmas Rawat Inap

0
233

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya menyediakan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) di setiap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas. Salah satunya di Puskesmas Limo yang baru saja diresmikan sebagai Puskesmas rawat inap.

“Alhamdulillah, kini Puskesmas Limo telah menjadi UPTD Puskesmas Limo Mampu PONED. Artinya, selain 24 jam beroperasi, Puskesmas ini menerima persalinan bukan risiko. Kalau ada penyulit bisa dilakukan di Puskesmas Limo sebelum dirujuk ke rumah sakit,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Mary Liziawati di Balai Kota Depok, Sabtu (2/4/2022).

Dia berharap, keberadaan Puskesmas Mampu PONED bisa berkontribusi positif untuk menekan angka kasus kematian ibu dan bayi. “Saya juga meminta kepada masyarakat agar memanfaatkan layanan ini. Puskesmas Mampu Poned ini beroperasi 24 jam selama 7 hari. Kami minta infokan ke masyarakat agar bisa memanfaatkan fasilitas ini,” terang Mary.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dudi Mi’raz mengatakan, Puskesmas Limo terdiri dari dua lantai. Lantai 1 memiliki luas 268 meter persegi yang diperuntukan sebagai area pelayanan, ruang tunggu, pendaftaran, ruang rekam medis, ruang tindakan, ruang persalinan, ruang rawat pasca persalinan, ruang loket, obat dan gudang.

“Untuk lantai 2 memiliki luas 241 meter. Meliputi area manajemen, ruang Kepala Puskesmas, Tata Usaha, Arsip, aula, ruang laundry dan cuci jemur, ruang staf dan mushola,” pungkasnya. (Aris)

 242 total views

LEAVE A REPLY