Kominfo Beri ASN Depok Pelatihan GTA dan TA

0
279

www.depoktren.com–Sebagai tindaklanjut dari Rencana Kerja Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Digital antara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) digelar Government Transformation Academy (GTA) dan Thematic Academy (TA).

“Kegiatan ini bertujuan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) menguasai teknologi digital. Kami memberikan pelatihan mulai dari kelas pimpinan, ASN, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sampai masyarakat kelas pemula. Pelatihan akan diberikan secara daring juga online di beberapa kota se-Nasional,” ujar Kepala Balitbang SDM Kemkominfo, Hary Budiarto, secara online, Senin (18/4/2022).

Menurut Hary, dalam menghadapi bonus demografi, setidaknya membutuhkan sembilan juta talenta digital se-Indonesia. Jika hal tersebut tidak diimbangi dengan perkembangan yang ada, masyarakat tidak bisa merebut ekonomi digital.

“Jika tidak ada pelatihan semacam ini, maka bisa dipastikan tahun 2030 Indonesia tidak bisa merebut ekonomi digital. Dampak lainnya, kita bisa diserang konten negatif bernama cyber crime. Mudah-mudahan peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa mengambil manfaat sebanyak-banyaknya, sebagai dasar layanan untuk masyarakat,” jelasnya.

Senada dengan itu, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Novi Andriani mengatakan, terdapat tiga pelatihan yang diberikan selama lima hari. Terhitung sejak 18 sampai 22 April 2022.

Ketiga pelatihan yang dimaksud antara lain, Data Analytics, Junior Network Administrator dan Junior Graphic Designer. Kegiatan dilaksanakan di The Margo Hotel dan Hotel Savero, dengan total peserta sebanyak 100 orang yang berasal dari 38 Perangkat Daerah (PD). “Untuk tahap pertama ini ada sebanyak 100 ASN. Semoga bisa meningkatkan kapasitas keilmuan ASN,” harapnya. (Papi Ipul)

 280 total views

LEAVE A REPLY