Wow! Seorang Warga Depok, Murid Habib Bahar, Ternyata Pelaku Penculikan 12 Anak di Jabodetabek

0
434

Tersangka penculik saat diperlihatkan dalam jumpa pers di Polres Bogor, Jumat (12/5/2022).

www.depoktren.com–Wow! Ternyata seorang warga Bojongsari Baru, Kota Depok merupakan pelaku penculikan 12 anak di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Pelaku, Abbi Rizal Afif (27), tercatat telah menculik 12 anak laki-laki berusia 9 tahun hingga 14 tahun.

Aksi pelaku yang juga ternyata mantan narapidana kasus terorisme dan berdasarkan pengakuan merupakan murid Habib Bahar bin Smith ini terhenti saat aparat kepolisian Polres Bogor berhasil melumpuhkannya dengan tembakan timah panas ke kakinya.

“Kami menembak kaki pelaku karena saat ditangkap melakukan perlawanan,” ujar Kasat Reskrim Polres Bogor AKP, Siswo Tarigan dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022)

Menurut Siwo, berdasarkan pengakuan, tersangka merupakan murid Habib Bahar bin Smith. “Tersangka tercatat mantan narapidana dalam kasus terorisme dan mengaku kenal Habib Bahar karena sering mengunjungi kediamannya di Kemang, Bogor. Tersangka juga mengaku pernah mengawal Habib Bahar bin Smith saat keduanya sama-sama mendekam di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Polisi menangkap tersangka di kediamannya di
RT1/9 Kelurahan Bojongsari Baru, Kecamatan Bojongsari Kota Depok dan juga berhasil menemukan 12 anak yang disekap, 2 anak diantaranya yang dilaporkan hilang bernama FF (11 tahun) asal Bogor dan K (12 tahun).asal Jakarta Selatan.

“Dari keterangan pelaku maupun keterangan para korban, tidak ada mengarah ke tindak pidana perdagangan orang. Namun, beberapa anak mengaku mengalami pelecehan seksual hingga pencabulan (rudakpaksa),” jelas Siwo.

Lanjut Siwo, tersangka juga mengaku terlibat kasus penipuan di kawasan Kota Depok. Kepada penyidik, tersangka mengaku melakukan perbuatan tersebut tanpa melibatkan orang lain.

“Jenis kelamin dan umur rata-rata korban penculikan yakni anak laki-laki berumur 10 sampai 14 tahun. ’Kami sedang melakukan pendalaman untuk masalah motif pencabulan. Sejauh ini, tersangka membawa korban, lalu merampas HP milik para korban dan menjualnya,’” tuturnya.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menambahkan, dalam menjalankan aksinya, tersangka mengaku sebagai anggota Polri dan Satgas Covid-19. Kepada para korban, tersangka menegur para korban dengan alasan melanggar protokol kesehatan (prokes) dan kedapatan tengah merokok. ’”Calon korban dipaksa ikut tersangka dan dibawa, lalu dikumpulkan di satu tempat,’” terangnya.

Adapun 12 anak yang diculik berasal dari Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Tangerang Selatan (Tangsel). Pihaknya masih mendalami motif penculikan dan kami juga berkoordinasi dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bogor untuk memberikan pelayanan trauma healing kepada para korban.

“Tersangka akan kami kenakan pasal pidana berlapis, penculikan dan pencabulan anak dibawah umur dengan ancaman hukuman 15 tahun keatas,” tegasnya. (Her/Papi Ipul)

 427 total views

LEAVE A REPLY