Terintegrasi KDS, Pemkot Depok Optimalkan Berbagai Program Pemberdayaan Lansia

0
55


www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menaruh perhatian yang besar kepada warga lanjut usia (lansia). Berbagai program pemberdayaan lansia juga telah dioptimalkan di Kota Depok.

“Lansia adalah siklus dalam kehidupan kita. Pasti kita akan sampai ke sana, maka bukan saja balita dan milenial yang diperhatikan, tapi lansia justru harus lebih diperhatikan,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono di Balai Kota Depok, Jumat (27/5/2022).

Menurut Imam, Pemkot Depok juga memiliki program terkait lansia seperti Komisi Daerah (Komda) Lansia. Yang di dalamnya banyak kegiatan yang membahagiakan lansia, mulai dari mental spiritual hingga kegiatan kreatif.

“Kami memang memiliki program-program terkait dengan masalah bagaimana membahagiakan lansia. Sebab, lansia itu tidak boleh sendiri dia harus bersama dengan anaknya yang sudah dewasa karena sudah menikah dan sebagainya,” jelasnya.

Lanjut Imam, maka dari itu, bagi lansia yang sendiri harus ada komunitas. ,”Dengan berkomunitas itu yang membuat mereka tidak sendiri, sehingga komunitas itu perlu kita support dari pemerintah pembiayaannya dan kegiatan-kegiatannya,” tuturnya.

Imam yang merupakan Ketua Komda Lansia Kota Depok itu mengungkapkan, intervensi personal juga dilakukan Pemkot Depok. “Salah satunya memberikan jaminan kesehatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang pembiayaannya dari APBD,” terangnya.

Kemudian, lanjut Imam, terkait dengan masalah pangan, Pemkot juga telah menyalurkan Bantuan Pangan NonTunai (BPNT) kepada para lansia dan disabilitas. Itu paling utama karena keterbatasan dari apa yang dimiliki, sehingga Pemkot Depok berkewajiban untuk membantu mereka itu. Program bantuan itu terangkum dalam satu program yaitu Kartu Depok Sejahtera (KDS).

“Sejak tahun lalu 2021 dan 2022, Pemkot Depok sudah menyalurkan bantuan tersebut. Mudah-mudahan dari legislatif juga mendorong terus untuk memperbanyak program seperti ini,” pungkasnya. (Aris)

 65 total views

LEAVE A REPLY