UI Buka Pendaftaran SIMAK Terpadu untuk Semua Jenjang Pendidikan

0
253


www.depoktren.com–Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) Tahun Ajaran 2022/2023 telah dibuka sejak 24 Mei hingga 27 Juni 2022. SIMAK UI merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan terbuka untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister, sampai dengan program Doktor.

Pendaftaran SIMAK UI dilakukan secara daring melalui tautan https://penerimaan.ui.ac.id/. Peserta diharuskan membuat akun pendaftaran. Selanjutnya, peserta akan melakukan beberapa langkah diantaranya mengunggah pas foto berwarna ukuran 4×6 cm, mengisi formulir pendaftaran, memilih program studi (prodi), dan melakukan pembayaran biaya pendaftaran yang dibayarkan ke masing-masing nomor pendaftaran melalui sistem host to host.

Formulir pendaftaran dan pilihan prodi tidak dapat diubah lagi setelah peserta membayar biaya pendaftaran. Terakhir, peserta mengunduh kartu ujian untuk selanjutnya mengikuti ujian seleksi pada waktu yang telah ditentukan.

Untuk program pendidikan Vokasi (D3 & D4), S1 Reguler, dan S1 Paralel pelaksanaan ujian akan dilaksanakan secara daring pada 2-4 Juli 2022. Berbeda dengan program lainnya, pelaksanaan ujian untuk program S1 Kelas Internasional akan dilaksanakan pada 30 Juni 2022 dan hasil seleksi ujian diumumkan serentak pada 14 Juli 2022.

Sementara itu, program S1 Ekstensi/Paralel untuk Lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor memiliki jadwal pendaftaran yang berbeda. Pendaftaran dan ujian dilaksanakan secara daring pada 12 Mei-13 Juni 2022 dan 19 Juni 2022. Kemudian hasil seleksi ujian akan diumumkan di akun pendaftaran masing-masing pada 15 Juli 2022.

Dokumen pendaftaran yang wajib diunggah oleh peserta SIMAK UI meliputi salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi. Untuk peserta yang merupakan lulusan luar negeri wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Bagi peserta yang mencantumkan nilai TPA/TOEFL, wajib melampirkan sertifikat TPA/TOEFL.

Biaya pendaftaran yang harus dibayarkan oleh peserta SIMAK UI memiliki besaran yang berbeda-beda tergantung pada jenjang program pendidikan yang dipilih. Tiap jenjang pendidikan juga memiliki ketentuan masing-masing dalam pemilihan prodi.

Bagi peserta SIMAK UI program S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi, biaya pendaftaran yang harus dibayarkan sebesar Rp500 ribu untuk dua pilihan pertama kelompok ujian IPA saja atau IPS saja. Jika hanya memilih satu prodi tetap membayar Rp500 ribu. Setiap penambahan prodi atau jurusan, calon peserta akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp100 ribu untuk satu prodi.

Tidak ada batasan dalam memilih kelompok prodi, peserta dapat memilih kelompok IPA, IPS, maupun IPC (terdiri dari prodi IPA dan IPS). Total maksimal pilihan prodi adalah sebanyak enam prodi dalam satu formulir. Peserta SIMAK UI program S1 Ekstensi, biaya pendaftaran yang harus dibayarkan sebesar Rp750 ribu dan hanya dapat memilih satu prodi.

Lalu untuk peserta SIMAK UI program S2 dan profesi, membutuhkan biaya pendaftaran sebesar Rp1,2 juta dan hanya dapat memilih satu prodi saja. Bagi peserta SIMAK UI S3 dan Spesialis, biaya pendaftaran yang harus dibayarkan sebesar Rp1,5 juta dan hanya dapat memilih satu prodi.

Selanjutnya peserta SIMAK UI Program S1 Kelas Internasional, biaya pendaftaran yang harus dibayarkan sebesar Rp. 1,5 juta dan hanya dapat memilih satu prodi saja. Sementara itu, jika peserta mendaftar S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi (D3 dan D4) dan juga mendaftar S1 Kelas Internasional, maka dalam satu akun pendaftaran peserta harus membuat dua pendaftaran yang nantinya akan mendapat dua nomor pendaftaran.

“Materi ujian SIMAK UI disesuaikan dengan program pendidikan yang dipilih. Untuk S1 Paralel dan Vokasi (D3), ujian mencakup tiga materi yaitu, Kemampuan Dasar (KD) yang meliputi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris; Kemampuan IPA (KA) yang meliputi Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi; Kemampuan IPS (KS) yang meliputi Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi. Lalu materi yang diujikan untuk SIMAK UI S1 Ekstensi, Profesi, Spesialis, S2, dan S3 ujian adalah Tes Pengukuran Kemampuan Akademik (biasa dikenal dengan TPA) dan Bahasa Inggris,” ujar Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia dalam siaran pers yang diterima depoktren.com, Ahad (5/6/2022).

Seluruh pelaksanaan ujian akan dilakukan secara daring, maka calon mahasiswa harus mempersiapkan perangkat ujian yang memungkinkan seperti laptop dengan kamera, komputer desktop dengan webcam, tablet, atau HP (landscape/horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720. Lalu aplikasi yang dibutuhkan adalah Firefox atau Chrome versi stable terbaru. Browser selain Firefox dan Chrome atau versi yang lebih rendah tidak didukung. Peserta wajib menonaktifkan aplikasi/add ons yang terpasang di browser.

Informasi tentang jadwal SIMAK UI 2022 dapat dilihat pada tautan berikut: https://simak.ui.ac.id/info/jadwal-seleksi-2022.html. (Ruzka Azra Muhammad)

 268 total views

LEAVE A REPLY