Dinkes Depok Gelar Pelatihan Bagi Petugas Puskesmas untuk STBM

0
112


www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar kegiatan Pelatihan Kajian Partisipatif dan Pemicuan. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari, mulai Senin (06/06) hingga Rabu (08/06) yang diikuti oleh petugas kesehatan di 38 Puskesmas se-Kota Depok.

Koordinator Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga Dinkes Kota Depok, Agus Gojali mengatakan, pelatihan digelar sebagai upaya percepatan kelurahan Open Defecation Free (ODF) di Kota Depok yang perlu langkah konkret dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak. Kerja sama dilakukan oleh lintas program dan lintas sektor agar masyarakat tahu, mau, dan mampu melakukan perilaku terkait sanitasi dasar, salah satunya stop buang air besar sembarangan (BABS).

“Diperlukan peningkatan pengetahuan dan kemampuan petugas Puskesmas dalam meningkatkan cakupan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Terutama pada satu pilar stop BABS,” ujar Agus, Kamis (9/6/2022).

Lanjut Agus, selama pelatihan, petugas kesehatan Puskesmas mendapatkan materi terkait pemicuan STBM dan impelentasi, monitoring dan evaluasi lima pilar. Selain itu, materi lainnya terkait teknik fasilitasi.

Menurut Agus, setelah mengikuti pelatihan, petugas kesehatan melakukan praktik lapangan pemicuan di lima kelurahan. Praktik lapangan dilakukan pada Kelurahan Pasir Putih, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kelurahan Mekarsari, Kelurahan Beji, dan Kelurahan Duren Mekar.

“Diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan petugas kesehatan Puskesmas dalam melakukan pemicuan STBM, utamanya, pilar satu yaitu stop BABS,” pungkasnya. (Aris)

 122 total views

LEAVE A REPLY