Dinkes Depok Adakan Webinar Penguatan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Ovarium

0
98


www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar Webinar dengan mengangkat tema Penguatan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Ovarium, Kamis (9/06/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) se-Kota Depok, penanggungjawab program IVA Puskesmas se-Kota Depok, serta kader Posyandu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, webinar ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap bahaya kanker. Pasalnya saat ini cakupan deteksi dini terhadap kanker payudara dan leher rahim masih sangat rendah.

“Ini kami lakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap bahaya kanker,” ujar Umi.

Menurut Umi, kanker merupakan penyebab kematian tertinggi kedua di dunia. Hampir 70 persen kematian akibat kanker terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

“Sesungguhnya kematian akibat kanker dapat dicegah dengan cara menghindari faktor risiko dan deteksi dini secara berkala,” terangnya.

Pada webinar ini, Dinkes menghadirkan narasumber profesional di bidangnya. Yaitu Dokter Spesialis Obgyn dan Dosen Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Rangga Mainanda. (Ruzka Azra Muhammad)

 107 total views

LEAVE A REPLY