Pemkot Depok Butuh Dukungan Semua Pihak Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Lansia

0
61


www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membutuhkan dukungan semua pihak untuk mengatasi masalah kesehatan lansia. Dukungan dan kontribusi dari lintas program dan sektor, organisasi profesi, serta organisasi kemasyarakatan.

“Masalah kesehatan lansia tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja. Untuk meningkatkan kepedulian dan jangkauan pelayanan kesehatan terhadap lansia, perlu dukungan dari stakeholder terkait,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menghadiri Kampanye Simpatik dalam rangka Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-26 Tingkat Kota Depok Tahun 2022 di Balai Kota Depok, Senin (13/6/2022).

Menurut Imam, perlu dilakukan kolaborasi pelayanan kesehatan bagi lansia secara komprehensif melalui empat arah kebijakan yakni, meningkatkan status gizi dan pola hidup yang sehat, memperluas pelayanan kesehatan bagi lansia, menurunkan angka kesakitan lansia, dan memperluas cakupan perawatan jangka panjang bagi lansia.

“Saat ini di Kota Depok telah tersedia 38 puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan ramah lansia. Serta pelayanan geriatri terpadu di rumah sakit. Selain itu juga terdapat 890 posbindu se-Kota Depok yang memberikan pelayanan rutin bagi lansia,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada lansia yakni adanya peringatan HLUN setiap 29 Mei. Kegiatan tersebut sebagai momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk meningkatkan upaya kesehatan lansia.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan edukasi sebagai upaya pemberdayaan lansia. Selain juga jangkauan pelayanan kesehatan lansia,” harap Imam. (Papi Ipul)

 73 total views

LEAVE A REPLY