Pemkot Depok Ikuti Rakornas PIP, Presiden Jokowi Minta Kawal Kedisiplinan Belanja Produk Dalam Negeri

0
37


www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok turut menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah (Rakornas PIP) Tahun 2022. Rakornas Dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), pada acara tersebut Pemkot Depok diwakili Inspektur Daerah, Firmanuddin.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) mengawal kedisiplinan instansi pemerintah serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam memenuhi target belanja produk dalam negeri. Presiden juga menekankan agar penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus dioptimalkan untuk pembelian produk dalam negeri, bukan barang impor.

“Jangan sampai kita ini memiliki APBN Rp2.714 triliun, memiliki APBD Rp1.197 triliun belinya produk impor, bukan produk dalam negeri. Sedih, ini uang rakyat, uang yang dikumpulkan dari pajak, baik PPn, PPh Badan, PPh Perorangan, PPh Karyawan, dari pihak ekspor, dari PNBP, dikumpulkan dengan cara yang tidak mudah, kemudian belanjanya belanja produk impor,” ujar Presiden Jokowi saat membuka Rakornas PIP Tahun 2022, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/06/22).

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa belanja pemerintah baik pusat dan daerah harus memiliki tiga hal penting. Yaitu menciptakan nilai tambah pada negara, membangkitkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, serta efisien.

Presiden Jokowi juga meyakini, belanja produk dalam negeri dapat memajukan pertumbuhan ekonomi, menciptakan nilai tambah, meningkatkan lapangan pekerjaan, hingga memicu investasi.

“Saya minta kepada BPKP menyinergikan upaya ini, kawal semua APIP di daerah dan unit-unit yang lain untuk menjalankan program belanja dalam negeri ini dengan penuh kedisiplinan, dengan niat kita bersama untuk kebangkitan ekonomi dalam negeri,” jelasnya. (Ruzka Azra Muhammad)

 48 total views

LEAVE A REPLY