Indonesia Jajaki Peluang Pasar Pertanian di AS

0
55


www.depoktren.com–Direktur Pembiayaan Ditjen PSP Kementerian Pertanian Ir. Indah Megahwati MP berkunjung ke negeri Paman Sam Amerika Serikat, untuk mencari peluang pasar dan buyer dalam meningkatkan ekspor produk-produk pertanian Indonesia.

Hal itu sesuai dengan apa yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian melalui Ditjen PSP yang akan menargetkan peningkatan ekspor 3 kali lipat dari tahun sebelumnya. Sedangkan untuk mengimplementasikannya, Indah melakukan kunjungan kerja ke Washington DC dengan berkoordinasi melalui pihak KBRI khususnya atase pertanian. Selain itu, kunjungannya juga dalam rangka menggelar pertemuan bersama Diaspora Indonesia dan pihak Indonesia – Amerika Asscociation (IAA).

Menuurut keterangan Indah Megahwati kepada depoktren.com di kediaman rumah dinas di Jagakarsa, Kamis (16/06/2022) malam, selama ia berada di Washington DC juga mengagendakan kunjungan ke Markas Besar FAO hingga menghadiri sejumlah event komoditi bertajuk pertanian “Fancy Food Show yang diselenggarakan di New York.

Selama masa kunjungan kerja itu, Ir. Indah Megahwati memanfaatkan waktu untuk berdiskusi dalam panel komite Fancy Food Show. Kemudian menyambangi kantor market place VIBENIC, sebuah perusahaan market place global asal Indonesia yang berbasis di Amerika Serikat.

Direktur Pembiayaan Kementan ini menyampaikan dengan lawatan yang dilakukannya dia berharap akan memiliki acuan untuk meningkatkan ekspor dan menambah wawasan komoditi dari Asia Tenggara di negara Barat. Khususnya terkait pandangan global terhadap komiditi dan produk-produk asal Indonesia yang menjadi trend di Amerika Serikat.

“Kami berharap dukungan pemerintah dalam keikutsertaan komoditi kita untuk lebih aktif mengikuti event-event global di berbagai belahan dunia. Khususnya Amerika yang memiliki potensi besar untuk bersaing di Market USA,” jelasnya.

Menurut Ir. Indah, saat ini penting bagi Indonesia untuk ikut dalam gelaran event internasional seperti Festival Friedrich yang akan diselenggarakan pada 6 Agustus 2022 mendatang. Untuk itu jajaran Kementerian Pertanian akan mempersiapkan keikutsertaan dalam event Food UKM dengan menggandeng pihak swasta. (Mastete)

 58 total views

LEAVE A REPLY