DKUM Depok Gelar Koordinasi dan Sinkronisasi dengan Komunitas UMKM di Kafe Sapu Lidi

0
108


www.depoktren.com–Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok mengelar acara koordinasi dan sinkronisasi dengan komunitas UMKM di Kafe Sapu Lidi, Limo, Kota Depok, Jumat (1/7/2022). Hadir dalam acara tersebut, Asisten Bidang Ekonomi Pemerintah Kota Depok, Sidik Mulyono, Kepala DKUM Kota Depok, Dede Hidayat dan tokoh masyarakat dan pembina UMKM Kota Depok, Dian Nufarida serta Camat Limo dan Camat Cinere dan lurah di Kecamatan Limo dan Cinere.

Acara tersebut menghadirkan pembicara dari Fakultas Ekonomi Bisnis UI. “Ini merupakan acara untuk koordinasi dan sinkronisasi dengan komunitas UMKM di wilayah Kecamatan Limo dan Cinere. Totalnya ada 35 peserta dari masing-masing koordinator komunitas yang mengikuti acara,” ujar Iskandar Zulkarnain dari DKUM Kota Depok.

Menurut Zulkarnain, acara ini untuk mengkoordinasikan dan sikronisasikan kegiatan-kegiatan komunitas di Kecamatan Limo dan Cinere sehingga ada penguatan SDM untuk para komunitas.

“Kami dapat informasi anggota komunitas itu untuk di Kecamatan Cinere ada 300 orang dan di Limo ada 200 orang. Dengan acara ini mengharapkan pemahaman komunitas dan juga pembinaan biar sama,” terangnya.

Lanjut Zulkarnain, dari pihaknya juga memberikan pemahaman biar sama yang tentu diharapkan para komunitas dapat presentasikan ke para pelaku usaha UMKM. “Sehingga nanti dibina dan tidak ada kesulitan lagi membina pelaku usaha UMKM dan juga diharapkan ada satu atau ada kesamaan pemahaman antara dinas dan wilayah sehingga konsep nya untuk pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan ke 10 yang dilakukan dan selanjutnya akan adakan di Kecamatan Cimanggis. “Kami harapkan kegiatan pembinaan ini akan terus berlanjut dan semuanya harus bisa komitmen dgn tujuan dapat mengembangkan pelaku usaha mikro yang ada di wilayah masing-masing,” harapnya.

Zulkarnain menegaskan, pihaknya akan memberikan panduan untuk bisa menggembangkan usaha mikro di wilayahnya. “Jadi, target minimal dapat membina para pelaku UMKM dengan komunitas karena dengan berkelompok akan lebih cepat mengembangkan usaha mikro. Kelompok-kelompok komunitas ini harus memiliki pemahaman yang sama dalam pengembangan UMKM,” pungkasnya.

Tokoh masyarakat yang juga pembina UMKM di Kota Depok, Dian Nufarida mendukung penuh acara kegiatan koordinasi dan sinkronisasi para komunitas untuk pengembangan UMKM di Kota Depok. “Perlu koordinasi dan sinkronisasi yang sama antara pemerintah, komunitas dan para pelaku UMKM yang diharapkan menjadi ujung tombak membangkitkan perekonomian masyarakat,” tutur Dian. (RuzkaNews)

 111 total views

LEAVE A REPLY