RSUI Depok dan Perdosri Jaya Gelar Bakti Sosial Merdeka

0
77


www.depoktren.com–RSUI bersama Perdosri Jaya (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi) menyelenggarakan program Bakti Sosial Merdeka dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesiaan ke-77 sekaligus talkshow kesehatan gratis bagi masyarakat umum yang diselenggarakan pada 14 Agustus 2022 di Gedung Administrasi RSUI.

Program Bakti Sosial Merdeka yang dilakukan meliputi *pemeriksaan kesehataan dan pengobatan gratis pada muskuloskelatal yaitu pada tulang, sendi bahu, tangan, pinggang, kaki, dan nyeri otot.* Selain itu, juga diberikan pemeriksaan kepadatan tulang (osteoporosis) dan gula darah sewaktu.

Gangguan muskuloskeletal merupakan kondisi medis yang umum dijumpai. Risiko kemunculannya akan meningkat seiring bertambahnya usia. Pada beberapa kasus, gangguan muskuloskeletal dapat menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari penderita. Kondisi ini juga bisa dirasakan pada semua area tubuh, seperti leher, bahu, punggung, pinggang, tangan, dan kaki.

Dalam perkembangannya, masalah muskuloskeletal dengan nyeri yang berkelanjutan dapat menimbulkan disabilitas Disabilitas merupakan suatu keterbatasan atau ketidakmampuan seseorang dalam melakukan aktivitas fungsional sehari-hari yang dianggap dapat dilakukan oleh orang normal akibat dari adanya impairment (penurunan nilai).

Kegiatan bakti sosial ini dilakukan sebagai upaya promotif dan preventif kepada masyarakat terkait kesadaran akan masalah kesehatan yang seringkali menjadi keluhan orang dewasa tersebut terutama orang lanjut usia (lansia).

dr. Laura Djuriantina, Sp.KFR, Ketua Perdosri Jaya menyampaikan, momentum HUT RI yang ke-77 tahun ini, kami dari Perhimpunan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik Indonesia Cabang Jakarta Raya (Perdorsri Jaya) ingin berpartisipasi mengisi kemerdekaan melalui acara bakti sosial (Baksos) kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan rehabilitasi medik secara gratis untuk mengurangi nyeri muskuloskeletal sehingga mencegah terjadinya disabilitas.

“Rasanya hal ini sangat penting untuk kita sampaikan ke masyarakat bahwa keluhan-keluhan yang sering terjadi tersebut tidak bisa disepelekan. Para dokter rehabilitasi medik selain memberikan edukasi juga akan membantu memeriksa keluhan pasien agar dapat diberikan penanganan yang sesuai.” ujar Laura.

dr. Hermawan, Sp.JP(K)-FIHA, Direktur Umum dan Operasional RSUI mengucapkan terima kasih kepada Perdosri Jaya yang telah mempercayakan kegiatan bakti sosial ini bersama RSUI. Pelayanan rehabilitasi medik yang diberikan secara gratis ini semoga dapat membantu masyarakat dalam mengurangi rasa nyeri muskuloskelatal sehingga berharap masyarakat tidak sampai mengalami disabilitas.

“RSUI siap membantu masyarakat jika diperlukan penanganan lebih lanjut. Kami memiliki Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi serta para terapis handal yang dapat membantu dan mendampingi dalam pemulihan kesehatan pasien” tutur Hermawan saat memberikan sambutan.

Dari 170 pendaftar yang berpartisipasi mengikuti bakti sosial, baik dari internal UI, RSUI maupun masyarakat Depok dan sekitarnya, sebanyak 84 peserta antusias mengikuti pemeriksaan muskuloskelatal oleh dokter rehabilitasi medik. Kegiatan juga diikuti oleh 98 Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dari PERDOSRI JAYA.

dr. Henny Angganawati, Sp.KFR, Ketua Pelaksana menuturkan, para peserta tidak hanya diperiksa saja, tetapi juga diberikan pengobatan gratis dengan menggunakan alat seperti laser terapi untuk mengurasi rasa nyeri, ESWT (Extracorporeal Shock Wave Therapy) yang digunakan sebagai tindakan terapi non-invasive dengan gelombang kejut (shockwaves), dan electrical stimulation untuk menstimulasi otot yang lemah.

“Pelaksanaan bakti sosial ini juga dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta dilakukan skrining dan wajib mematuhi aturan panitia” tutur Hanny yang juga sebagai Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSUI.

Pada kesempatan yang sama, masyarakat juga diberikan edukasi melalui talkshow kesehatan yang berjudul “Cegah Disabilitas: Peran Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi” oleh Prof. Dr. dr. Angela Tulaar Sp.KFR dan Prof. Dr. dr. Widjajalaksmi Sp.KFR.

RSUI berharap dapat terus memberikan dan meningkatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat luas khususnya di wilayah Depok dan sekitarnya. Pada bidang layanan rehabilitasi medik, RSUI memiliki Klinik Rehabilitasi Medik RSUI dengan konsep pelayanan “One Gate System” yang terintegrasi dan komprehensif sehingga pasien mendapatkan tata laksana yang menyeluruh dan optimal baik rawat jalan maupun rawat inap. Layanan Rehabilitasi Medik RSUI menyediakan layanan secara holistik untuk tujuan mengembalikan kemampuan fungsi yang optimal atau kemandirian agar mencapai kualitas hidup yang optimal.

Informasi seputar talkshow kesehatan lainnya dapat dipantau melalui website dan media soisal RSUI. Siaran ulang dari talkshow ini juga dapat disaksikan melalui kanal YouTube RSUI pada tautan https://www.youtube.com/c/RumahSakitUniversitasIndonesia .

(RuzkaNews)

 86 total views

LEAVE A REPLY