Pemkot Depok Edukasi Pembentukan Karakter Anak Periode Emas Tumbuh Kembang

0
320


www.depoktren.com–Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok memberikan edukasi kepada masyarakat seputar pola asuh anak. Pembekalan ini dilakukan melalui seminar dengan tema Pembentukan Karakter Anak Berdasarkan Perkembangan Otak Anak pada Periode Emas Tumbuh Kembang.

Seminar edukasi Keluarga Indonesia Sejahtera dan Harmonis (KISAH) berjalan sukses. Dalam seminar ini, para peserta diberikan pemahaman untuk meningkatkan kapasitas dalam membangun hubungan psikologis dengan keluarga.

Dalam seminar ini turut mengahdirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu dr. Pukovisa Prawiroharjo, Sp.N (K) Subsp, NGD, Ph.D dengan materi Bagaimana Menyiapkan Otak Terbaik Anak. Lalu Dr.dr.Tb, Rachmat Sentika, SpA.MARS dengan materi 1000 HPK sebagai periode emas tumbuh kembang anak, menuju anak Indonesia yang cerdas ceria berakhlak mulia.

Kemudian Dra Perwitasari, Psikolog menyampaikan materi pengasuhan ramah otak. Kami berharap ilmu yang diberikan oleh seluruh pemateri dapat diserap dan diimplementasikan oleh peserta di dalam keluarganya.

“Sebagai orang tua dituntut untuk paham dan bijak dalam memperlakukan anak, khususnya terkait pendidikan nilai-nilai luhur, moral dan penanaman karakter yang perlu dimiliki seorang anak. Hal ini dilakukan dengan harapan ke depannya akan berdampak positif terhadap kehidupan anak dan juga mencetak generasi bangsa yang berkualitas,”
ujar Kepala Bidang Pengembangan Kota Layak Anak DP3AP2KB Kota Depok, Ima Halimah, Sabtu (15/10/2022).

Menurut Ima, perlu dilakukan langkah strategis oleh orang tua dalam pengasuhan pada periode emas serta pemenuhan hak anak. Imbuhnya, proses tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan.

“Kebahagiaan seorang anak sangat berpengaruh terhadap suksesnya proses tumbuh kembang anak. Kebahagiaan masa anak-anak merupakan faktor paling berpengaruh terhadap kebahagiaan saat dewasa nanti dan sumber kebahagiaan anak pertama berasal dari lingkungan keluarga,” jelasnya. (Aris)

 352 total views

LEAVE A REPLY