Cegah Stunting, Depok Gelar Gerimis Telur dan Gemarikan

0
198


www.depoktren.com–Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depo menggelar kegiatan Gerakan Makan Buah dan Sayur, Gerakan Minum Susu dan Makan Telur (Gerimis Telur) serta Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di lokasi khusus (lokus) Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Rw 04 dan 05 Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan.

Kegiatan tersebut diadakan untuk terus menekan angka stunting di Depok, meski sudah masuk jajaran kota dengan stunting terendah di Jawa Barat (Jabar).

“Berdasarkan bulan penimbangan balita per Februari kemarin, jumlahnya 3,42 persen,” ujar Kepala DKP3 Kota Depok, Widyati Riyandini, Kamis (19/10/2022).

Pada kesempatan itu, peserta yang hadir diberikan edukasi dan sosialisasi berupa dongeng terkait makanan yang bergizi dan seimbang bagi anak oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida dan pendongeng nasional, Kak Rizky. Kemudian, peserta juga diberikan paket makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

“Paket makanan isinya ada nasi, sayuran, protein dari daging dan telur, buah dan susu sebanyak 600 paket untuk anak-anak. Dan 200 paket olahan ikan untuk orang tua yang isinya nugget, kaki naga dan fish rol,” jelas Widyati.

Menurut Widyati, selain dibagikan kepada peserta yang hadir ke lokasi, ratusan paket juga langsung didistribusikan kepada warga yang sudah tercatat sebagai penerima di tiap-tiap kelurahan. Diantar oleh Ojek Cantik Bawa Makanan untuk Anak Stunting atau Ocan Bananas.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan bisa mendukung penurunan angka stunting di Kota Depok. Selain itu juga membiasakan kepada orang tua memberikan pola asupan konsumsi yang baik bagi anak-anak. Mudah mudahan ini bisa ditularkan kepada ibu-ibu yang hari ini tidak hadir agar menjadi pioner untuk meneruskan langkah dalam memberikan makanan sehat bagi anak-anak. Yang semuanya demi kecerdasan generasi penerus bangsa,” harapnya. (Aris)

 241 total views

LEAVE A REPLY