Depok Kembangkan Budidaya Ikan Bala Shark, Didatangkan dari Danau Cala

0
924


www.depoktren.com–Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok saat ini sedang melakukan pengembangan budidaya komoditas ikan lokal, seperti ikan Bala Shark. Untuk mendukung budidaya ikan Bala Shark ini, BBI Kota Depok mendatangkan ikan tersebut langsung dari habitatnya.

“Kami datangkan ikan Bala Shark langsung dari habitatnya yaitu Danau Cala Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Adapun jumlah ikan yang dikirim sebanyak 144 ekor,” ujar Kepala UPTD BBI Kota Depok, Nur Hidayat, Sabtu (29/10/2022).

Menurut Nur, ratusan ekor Ikan Bala Shark akan menjadi calon indukan. Saat ini ikan tersebut masih dalam proses domestikasi.

“Domestikasi merupakan pengadopsian tumbuhan maupun hewan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan sehari-hari manusia. Jadi saat ini sedang penyesuaian, karena ikan tersebut ditangkap dari alam liar,” jelasnya.

Lanjut Nur, selain dalam masa penyesuaian, ikan-ikan itu juga sedang masa observasi. Rencananya, akhir tahun akan dimulai suntik pemijahan.

“Alhamdulillah sekarang sudah mau makan. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah bisa dilakukan pemijahan,” terangnya. (Ika Dewi)

 1,073 total views

LEAVE A REPLY