Untuk Rumah Tangga Miskin di Depok Buruan Ambil STB Gratis, Pastikan Terdaftar di Web Kominfo

0
404


www.depoktren.com–Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan penyelenggara multipleksing atau TV swasta membagikan set top box (STB) gratis bagi sejumlah rumah tangga miskin (RTM) di Indonesia.

STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan di TV analog. Dengan alat ini, masyarakat tetap dapat menggunakan TV analog atau smart TV-nya untuk menangkap siaran TV digital.

Total unit STB gratis yang akan dibagikan Kominfo dan TV swasta adalah sebanyak 6,7 juta unit. Per 31 Oktober 2022, Kominfo mengeklaim sudah mendistribusikan 1.055.360 unit, termasuk unit STB gratis yang didistribusikan untuk RTM di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Beberapa di antaranya gagal serah karena kendala di lapangan, seperti adanya RTM yang tidak memenuhi kriteria. Di Jabodetabek misalnya, 60.791 unit STB gagal serah karena RTM terkait tidak memenuhi kriteria penerima. Untuk Kota Depok ada sebanyak 50 ribu lebih STB dibagikan gratis.

Mengatasi kendala tersebut, Kominfo membentuk Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Melalui fasilitas ini, RTM yang berhak menerima bantuan tetapi belum kebagian karena kendala di lapangan bisa mengajukan STB gratis secara mandiri.

Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dibuka sejak 2-4 November 2022 pukul 08.00-19.00 WIB. Berikut perincian lokasi pembagian STB gratis dari Kemenkominfo.

Perlu dicatat bahwa masyarakat juga perlu memastikan terlebih dahulu apakah ia terdaftar sebagai penerima bantuan STB gratis.

RTM yang menjadi calon penerima bantuan STB adalah yang terdaftar di dalam desil 1 data Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Khusus Provinsi DKI Jakarta, kriterianya adalah RTM yang telah terdaftar pada data carik desil 1 Provinsi DKI Jakarta.

Untuk memastikan apakah Anda terdaftar sebagai penerima bantuan STB, bisa mengunjungi situs Bantuan STB. Berikut rinciannya:

Buka website https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/ Masukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia
Klik “Pencarian”.

Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, maka masyarakayt dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli.

Bila mengalami kendala dalam mengakses website, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko

Penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) mulai dilakukan pada Rabu malam 2 November 2022 pukul 24.00 WIB.

Siaran TV analog yang sudah dinikmati masyarakat Indonesia selama lebih dari 60 tahun itu kemudian dialihkan ke siaran TV digital.

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), akan menjadi wilayah pertama yang migrasi ke siaran TV digital sepenuhnya mulai Kamis, 3 November 2022.

Adapun bagi warga rumah tangga miskin di Kota Depok untuk mendapatkan STB gratis dapat mendatangi Hotel Bumi Wiyata Depok, pada hari terakhir ini Jumat (04/11/2022) dari pukul 09.00-19.00 WIB. (Ika Dewi NS/Ruz)

 411 total views

LEAVE A REPLY